ANALISIS RASIO AKTIVITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA UMKM BACHRI DARMO MALANG

Mulyati Mulyati

Abstract


UMKM Bachri Darmo Malang memiliki usaha kerajinan Sanitair. Jenis usaha kerajinan sanitair memiliki nilai peningkatan berbisnis mengalami pasang surut. Untuk menilai kinerja keuangan dan mengolah data usaha ini menggunakan penilaian berupa kertas. Proses pada penilaian kinerja usaha kerajinan sanitair salah satunya adalah mengukur kinerja keuangan menggunakan analisis rasio aktivitas. Alat yang digunakan dalam menghitung nilai kinerja keuangan menggunakan analisis rasio. Perhitungan analisi rasio aktivitas dapat dibagi menjadi lima yaitu perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran modal kerja, perputaran aktiva tetap, perputaran aktiva. Penelitian usaha sanitair menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dengan menggunakan metode dekriptif merupakan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah menganalisis data menggunakan laporan keuangan dan rasio aktivitas Hasil penelitian membuktikan bahwa analisis rasio aktivitas untuk menilai kinerja keuangan pada UMKM setuju terhadap pencatatan laporan keuangan yang sederhana pada usaha sanitair.

Keywords


Rasio Aktivitas, Penilaian Kinerja Keuangan Usaha Kerajinan Sanitair

Full Text:

PDF

References


Harnanto. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: AMP YKPN.

Harahap. 2015. Laporan Keuangan Menggambarkan Kondisi Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Hariadi, Indra. 2013. “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan Dan Economic Value Added (EVA)” (Skripsi). Malang: Universitas Brawijaya.

Indarti, Budi Nurani. 2013. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian. Bandung: Alfabeta.

Irham, Fahmi. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Salemba Empat.

Juliansyah, Noor. 2011. Metode Penelitian. PT. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta

Jumingan. 2012. Analisi Laporan Keuangan Ringkasan Data Keuangan Perusahaan. Jakarta

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Kotan., Ben. 2012. “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Ditinjau dari Rentabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas pada PT. Setia Tri Jujur Bersama”. (Skripsi). Manado: Sam Ratulangi.

Najmudin. 2011. Analisis Laporan Keuangan Peranan Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi: Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.