PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LABA PERUSAHAAN PIA AE JAYA BATU-MALANG

Anastasia Oliva Jema

Abstract


Peningkatan kualitas laba perusahaan di dukung oleh adanya kegiatan manajemen perusahaan. Untuk mengetahui perubahan laba perusahaan, sebagai alat menentukan strategi kerja diperlukan analisa rasio keuangan sehingga perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan operasional. Perhitungan rasio keuangan terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perubahan rasio keuangan ditinjau dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas untuk memprediksi pengaruh laba perusahaan.
Penelitian ini diteliti dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis data dan menyajikan data. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Pia Ae Jaya , yang merupakan UMKM yang bergerak dibidang pembuatan Camilan.. Metode pengambilan data adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis rasio keuangan. Hasil penelitian membuktikan bahwa rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap terhadap kualitas laba perusahaan.

Keywords


Kualitas Laba, Rasio Likuiditas Rasio Solvabilitas Rasio Rentabilitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Yunita dan Puranta Hendra, 2010. Anggaran Brbasis Kinerja : Penyusunan APBD secara Komprehensif. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Fahmi. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, Sylvia Veronica Siregar. 2012. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta : Salemba.

Hanafi, Mahdu dan Abdul Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap,S . S. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persad.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Luh Ni dan Gede Bayu. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap WOM Melalui Kepuasan pada PT. Sarana Dewata Courier” Jurnal Manajemen Unud. Vol.4: hal. 12-14.

Scott,W . R. 2015. Financial Accounting theory.7thedition. Canada Inc: Pearson Educaton.

Wijaya, Novia.2012. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Pasar Perusahaan Perbankan Dengan Metode Value Added Intellectual Capital Coefficient” Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol.14 No.3, Desember: 157-180.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.