ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA UMKM MINUMAN SARI APEL DI KOTA BATU )

Desi Kristina M

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan (Indonesian Economic & Small Medium Enterprises Outlook). Sementara itu, di sisi lain UMKM juga masih dihadapkan pada masalah yang terletak pada proses administrasi. Masalah utama dalam pengembangan UMKM yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam usaha menguji hipotesis yang disusun. Adapun jumlah populasi yang diambil dalam penelitian ini sebanyak jumlah pegawai yang ada di UMKM Minuman Sari Apel 34 karyawan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Secara simultan setelah dilakukan uji F dapat diketahui bahwa variabel latar belakang, skala usaha,umur usaha, dan pengetahuan akuntansi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap membuat laporan keuangan. Apabila latar belakang, skala usaha,umur usaha, dan pengetahuan akuntansi bersama-sama dijalankan, maka akan semakin bagus laporan keuangan yang dibuat. Hal ini masing-masing variabel memiliki signifikan dan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Dengan demikian, hipotesis pertama yang dinyatakan bahwa latar belakang pendidikan (X1), skala usaha (X2), umur usaha (X3) dan pengetahuan akuntansi (X4) secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap membuat laporan keuangan (Y) dinyatakan terbukti.

Keywords


Latar Belakang Pendidikan, Skala Usaha, Umur Usaha, Pengetahuan Akuntansi, Membuat Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Artawan, Sinarwati dan Yuniarta. 2015. Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK ETAP Pada Gapoktan Amerta Sari Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Jumal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.

Astuti, Era. 2007. Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaaan Informasi Akuntansi Perusahaan Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus. Tesis. Semarang: Fakultas Ekonomi UNDIP.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Psikolog Manajemen dan Administrasi. Bandung: Mandar Maju.

Fitriyah, Hadiah. 2006. Analisis Faktor-F aktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Menengah Kabupaten Sidoharjo. Tesis. Surabaya: Ekonomi UNAIR.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPPS.Semarang . Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat ,Jakarta.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2002. Metodologi Penelz’tz‘an Bism’s Untuk Manajemen dan Akuntans. BPEE, Yogyakarta.

Kristian, Chandra. 2010. Pengaruh Skala Usaha, Umur Usaha dan Pendidikan Pemilik terhadap Informasz' Akuntansi pada UKM di Kabupaten Blora. Skripsi, Universitas Semarang.

Murniati. 2002. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Tesis, Universitas Diponegoro.

M. Sadeli, Lili, 2002. Dasar-dasar Akuntansi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Pinasti, M. 2001. Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas.Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 1 (3).

Rudiantoro, Rizki & Sylvia Veronica Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Universitas Indonesia. Diakses 12 Desember 2017.

Siswono, Edi, 2014. Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi Kasus Ukm Brebes Fried Chicken). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dian Nuswantoro Semarang.

Supardi & Anwar, S. 2004. Dasar-Dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: UII Press.

S. Munawir. 2004. Analisz's Laporan Keuangan (edisi 4). Liberty, Yogyakana.

Syafri Harahap, Sofyan, 2008. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. UndangUndang Sisdiknas Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Widiyanti,

Yayuk. 2013. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Keuangan. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.