MENGANANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA UKM MEBEL FURTNITURE MERTOJOYO

Fransiskus L Servus

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi menurut (UKM) Mebel Furtniture Mertojoyo, dan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi apabila menggunakan metode full costing. Penelitian ini juga dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil perhitungan harga pokok produksi dengan megunakan metode yang dilakukan UKM mebel furtniture mertojo dengan metode full costing. Lokasi penelitian yaitu pada Usaha Kecil Menengah, (UKM) Mebel Furtniture Mertojoyo yang terletak di kecamatan Lowokwaru-Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi lapangan, studi pustaka, studi dokumentasi dan Internet searching.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan dengan menggunakan metode yang dilakukan (UKM) Mebel Furtniture Mertojoyo dengan metode full costing. Menggunakan metode perusahaan menghasilkan nilai harga pokok produksi sebesar Rp 265,005, sedangkan menurut metode full costing harga pokok produksinya sebesar Rp 272,510. Perbedaan tersebut dikarenakan perhitungan yang dilakukan perusahaan belum mengakui seluruh biaya yang berkaitan dengan proses produksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Peneliti dapat ini menyimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan perusahaan belum tepat, karena tidak memasukkan biaya-biaya secara tepat ke dalam perhitungan harga pokok produksinya.

Keywords


Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing

Full Text:

PDF

References


Batubara, Helmina. 2013. Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di UD. Istana alumunium Manado. Jurnal EMBA. Vol.1 No.3. ISS 23031174.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.