ANALISIS MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN NGESIS COFFEE

Gusti Muhammad Jumardi

Abstract


Kinerja merupakan hasil kerja keras yang dicapai oleh seseorang atau organisasi dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai target yang diinginkan. Selain itu, hasil dari kinerja itu sendiri dapat dipengaruhi oleh beragam faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan juga mengetahui motivasi kerja dan kedisiplinan kerja sebagai variabel independent terhadap kinerja karyawan Ngesis Coffee di Malang, serta untuk mengetahui variabel yang lebih dominan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan Ngesis Coffee. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap delapan orang karyawan Ngesis Coffee, pengukuran pengaruh variabel didasarkan pada teori dan indikator untuk mengetahui pengaruh dari variabel motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Ngesis Coffee.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti dalam analisa data ialah teknik triangulasi sumber. Secara simultan dan parsial berdasarkan hasil penelitian selama tiga bulan menunjukan bahwa pada variabel motivasi (dukungan, perhatian dan gaji tambahan) dan pada variabel disiplin (pengawasan secara langsung dan sanksi) yang dilakukan oleh pemilik usaha secara berkala berpengaruh positif dalam meningkatkan kinerja karyawan. Dan hasil lain berdasarkan wawancara terhadap karyawan menunjukan bahwa motivasi adalah variabel yang paling berpengaruh karena berdampak langsung pada semangat kerja juga terhadap kinerja karyawan Ngesis Coffee. Namun yang masih perlu diperhatikan oleh pemilik usaha dalam menjaga kinerja karyawannya ialah agar selalu memberikan dukungan serta memperhatikan kedisiplinan karyawannya.

Keywords


Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


George, J. M., dan Jones, G. 2005. Understanding And Managing Organizational Behavior. New Jersey: Upper Saddle River.

Hasibuan, Melayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Malayu S.P.Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangku Prawira & Aida 2007. Perilaku Dan Kedisiplinan Menentukan Kualitas Kinerja. Semarang: Pustaka Wijaya.

Mangkunegara, A. P dan Prabu, A. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Aditama.

Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.