ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA DISTRIBUSI PEMASARAN TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK (STUDI KASUS DI UMKM FADHILAH TLOGOMAS MALANG)

Hamimah Hamimah

Abstract


Kegiatan UMKM untuk mendapatkan keuntungan didasarkan adanya perencanaan usaha seperti menghitung biaya distribusi pemasaran yang terperinci berupa biaya bahan baku, biaya produksi dan biaya pemasaran sehingga bisa menentukan harga jual produk secara tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perhitungan bahan baku, biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap penentuan harga jual produk di UMKM Fadhilah Tlogomas Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 1 orang pemilik UMKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa biaya bahan baku sudah ditentukan secara ekonomi sehingga penentuan harga jual dinyatakan sesuai, biaya produksi dihitung secara terperinci dan biaya pemasaran dinyatakan rendah sehingga mampu menurunkan beban usaha untuk mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. membuktikan bahwa biaya produksi berpengaruh dalam menentukan harga jual, dengan penentuan biaya produksi yang tepat maka mampu menentukan harga jual yang sesuai sehingga memberikan keuntungan bagi UMKM.

Keywords


Biaya Distribusi Pemasaran, Penentuan Harga Jual Produk, UMKM

References


Assauri, Sofjan. 2014. Menejemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Cahyono, BambangB. 2012. Menejemen Produksi. Jakarta: IPWI.

Handoko, Hani. 2010. Dasar-Dasar Menejemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE.

Mohamad. 2016. “Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Terhadap Kelancaran Produksi Pada Industri Pembuatan Tempe Al-Hidayah Gondanglegi Rambon Nganjuk” (Skripsi). Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Nasution. 2009. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Edisi Pertama. Surabaya: Guna Widya.

Prawirosentono, Suyadi. 2010. Menejemen Operasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukanto. 2010. Mikro Ekonomi : Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.