ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN KE KAMPUNG WARNA-WARNI JODIPAN MALANG

Monika Nelli

Abstract


Faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke tempat wisata yaitu biaya murah, fasilitas hiburan tempat wisata lengkap dan didukung oleh kemampuan memenuhi kebutuhan liburan (kecukupan pendapatan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan pendapatan terhadap kunjungan wisatawan ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang secara parsial dan simultan.
Penelitian yang dilakukan dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial biaya berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan dengan nilai thitung (5,330), fasilitas berpengaruh dominan terhadap kunjungan wisatawan dengan nilai thitung (5,422) dan pendapatan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan dengan nilai thitung (3,335). Sedangkan secara simultan (bersama-sama) biaya, fasilitas dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke Kampung Warna-Warni Jodipan Malang didapatkan nilai Fhitung (5,535) atau sebesar 55,2%. Adapun yang perlu di perhatikan pengelola Kampung Warna-Warni Jodipan Malang yaitu tetap menerapkan harga masuk murah dan merawat fasilitas wisata sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan.

Keywords


Biaya, Fasilitas, Kampung Warna-Warni Jodipan Malang, Kunjungan Wisatawan, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Arjana, I Gusti Bagus. 2016. Geografis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pitana, I Gede dan Gayatri Putu 6. 2005. Sosiologi Pariwisata (Kajian Sosiologi terhadap Struktur, Sistem, dan Dampak-dampak Pariwisata). Yogyakarta : Andi.

Salma, Afia Irma dan Indah Susilowati, 2004. Analisis Permintaan Obyek Wisata Alam Curug Sewu, Kabupaten Kendal Dengan Pendekatan Travel Cost, Jurnal Dinamika Pembangunan Vol.1 No. 2/Desember 2004, hal 153-165.

Undang-undang No.10 tentang Kepariwisatawan tahun 2009 (hhtp://peraturan.go.id/uu/nomor-10-tahun-2009.html)

Vinsensius. 2019. Analisis Aktivitas Kerja dan Angsuran Pinjaman yang Mempengaruhi Kemajuan Usaha. Jurnal PETA (Vol. 4 No. 2). e-ISSN 2528-2581.

Wedelia, Lillah. 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kunjungan ke Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.