PERSEPSI PELAKU UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) TENTANG PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP LABA USAHA

Yosep Kaka Daga

Abstract


Persediaan bahan baku merupakan bagian utama dalam perusahaan khususnya perusahaan yang bergerak di bidang industri dan seringkali merupakan perkiraan yang nilainya cukup besar dan melibatkan modal kerja yang besar. Tanpa adanya persediaan bahan baku, perusahaan akan menghadapi resiko dimana pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan dari para pelanggan dan akan berdampak pada laba usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM tentang persediaan bahan baku terhadap laba usaha.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Sentra Industri Keramik Dinoyo terletak di Jalan M.T. Haryono kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, sebanyak 26 pelaku UMKM. . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS dan regresi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi pelaku UMKM tentang persediaan bahan baku berpengaruh signifikan dan positif terhadap laba usaha di Sentra Industri Keramik Dinoyo.

Keywords


Persepsi Pelaku UMKM, Persediaan Bahan Baku, Laba Usaha

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Kuncoro. 2009. Ekonomi Indonesia, Dinamika Lingkungan, Bisni di Tengah Krisis Global. Yogyakarta: UPT STIM YKPN.

Rizki dan Sylvia. 2012. “Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP” Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Juni 2012, Volume 9 - No. 1, hal 1 – 21. Jakarta: Universitas Indonesia

Sugihartono. 2007. Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Bagi Perkembangan Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.