EVALUASI PENERAPAN PENCATATAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK-EMKM DALAM UMKM LIMA SARANA BERSIH DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Arnista Karvalo Jigha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingginya Potensi UKM dalam perkembangan perekonomian tidak diimbangi dengan kualitas UKM seperti kurangnya Pencatatan dan pengelolaan keuangan yang merupakan faktor kunci dalam keberhasilan UKM tersebut. penerapan pencatatan keuangan berdasarkan SAK-EMKM pada UMKM Lima Sarana Bersih dan mengetahui kondisi laporan keuangan di Lima Sarana Bersih sebelum menerapkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Perlu ada penerapan laporan keuangan agar untuk mengetahui posisi keuangan serta kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan UMKM Lima Sarana Bersih, kemudian disajikan dalam bentuk naratif serta penarikan kesimpulan yang konkrit yang berkaitan dengan penerapan SAK EMKM pada UMKM Lima sarana bersih.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa UMKM Lima Sarana Bersih tidak melakukan pencatatan berdasarkan sistem akuntansi yang berlaku pada SAK EMKM. UMKM Lima Sarana Bersih memiliki pencatatan keuangan sebatas pada pemasukan dan pengeluaran, sehingga penerapan akuntansi berdasarkan pencatatan transaksi dan laporan keuangan yang berdasarkan SAK EMKM pada UMKM Lima Sarana Bersih masih sangat lemah.

Keywords


Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM), Pencatatan Keuangan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Adri, Raja S.S.2012 Akuntansi Keuanga. Yogyakarta :Graha Ilmu.

Agustine, Yvonne. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Dian Rakyat.

Arikunto. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.

Mardiasmo. 2000.Perpajakan Indonesia Revisi 2000, penerbit Andi Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.