FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Marselina Florida Nona

Abstract


Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai elemen yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan dan salah satu bagian penting dalam perusahaan. Cara meningkatkan kinerja karyawan yaitu memberikan lingkungan kerja nyaman untuk menghindari stres kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada A.K.A Coffee secara parsial dan simultan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 31 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial lingkungan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung (5,132) dan stres kerja berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung (5,629). Sedangkan secara simultan (bersama-sama) lingkungan dan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada A.K.A Coffee sebesar Fhitung (4,680) atau 79,9%. Adapun yang perlu di perhatikan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu menciptakan lingkungan kerja tenang dan memberikan perhatian kepada karyawan untuk menghindari stres kerja.

Keywords


Kinerja Karyawan, Lingkungan, Stres Kerja

Full Text:

PDF

References


Anwar, Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Budianto, Aji Tri dan Amelia Katini. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU Distribusi Wilayah I Jakarta. Jurnal Ilmiah Kreatif (Vol. 3, No. 1): Universitas Pamulang.

Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi. Kedua. Yogyakarta : BPFE.

Hasibuanal, M. 2013. Organisasi Dan Motifasi : Dasar Peningkatan Produktifitas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mangkunegara, A.A. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mardiana. 2015. Manajemen Produksi. Jakarta: Moekijat.

Prawirosentono, S. 2013. “Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan”. Yogyakarta: BPFE.

Syafi, Mochamad dan Tety Lindawati. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perum Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Kayu Gresik. Jurnal Gema Ekonomi (Vol. 5, No. 2): Universitas Gresik.

Ulber, Silalahi. 2014. Kerja Karyawan. Bandung: Refika Aditama.

Wartono, Tri. 2017. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Majalah Mother And Baby). Jurnal Ilmiah Kreatif (Vol. 4, No. 2): Universitas Pamulang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.