PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR EKSTERNAL DAN PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALISTIS TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) DI KOTA MALANG

Melianti Rambu Ana Hamu

Abstract


Kegiatan audit merupakan suatu proses sistematis yang secara obyektif memperoleh dan mengevaluasi bukti yang terkait dengan pernyataan mengenai tindakan atau kejadian ekonomi perusahaan. Proses penyusunan laporan audit membutuhkan profesionalisme dan pertimbangan tingkat materialistis auditor eksternal sehingga menghasilkan hasil audit yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk pengaruh profesionalisme auditor eksternal dan pertimbangan tingkat materialistis terhadap laporan keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kota Malang secara parsial. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 36 auditor eksternal pada KSP di Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa profesionalisme auditor eksternal berpengaruh signifikan terhadap laporan keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kota Malang sebesar 6,565 dan pertimbangan tingkat materialistis berpengaruh signifikan terhadap laporan keuangan pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kota Malang sebesar 5,250. Adapun yang perlu dilakukan auditor eksternal untuk meningkatkan kualitas penyusunan laporan audit yaitu berpedoman terhadap profesionalisme dan pertimbangan tingkat materialistis.

Keywords


Auditor Eksternal, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Laporan Keuangan, Pertimbangan Tingkat Materialistis, Profesionalisme

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. 2013. Auditing-Petunjuk Praktis Pemeriksaan Oleh Akuntan Publik. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Bayangkara, IBK. 2010. Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi. Jakarta. Salemba Empat

Herry. 2013. Auditing. Jakarta : Kencana

Idawati, Wiwi dan Eveline, Roswita. 2016. Pengaruh Independensi, Kompetensi, Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi/Volume XX, No. 01. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI)

Ikatan Akuntan Indonesia, 2012. Standar Akuntansi Keuangan. PSAK. Cetakan Keempat, Buku Satu, Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.