PENILAIAN KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN ANALISIS RASIO (STUDI DI UD TUNAS BARU MULYA KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG)

Paulina Maria Try Kabora

Abstract


Kinerja keuangan merupakan hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh manajemen perusahaan dalam menjalankan fungsinya untuk mengelola aset perusahaan secara efektif selama periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan di UD Tunas Baru Mulya berdasarkan analisis rasio. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spefisikasinya adalah sistematis,terencana dan terukur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa wawancara dan laporan keuangan UD Tunas Baru Mulya.
Hasil penelitian diketahui bahwa rasio likuiditas menggunakan current ratio menunjukkan ada peningkatan nilai rasio setiap periode keuangan. Rasio solvabilitas menggunakan debt ratio menunjukkan bahwa ketergantungan pada hutang sangat kecil, dan jumlah hutang terus menurun setiap periodenya. Rasio rentabilitas menggunakan profit margin menunjukkan bahwa tingkat keuntungan bersih UD Tunas Baru Mulya terus mengalami peningkatan. Rasio aktivitas menunjukkan nilai perolehan penghasilan melalui penjualan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan UD Tunas Baru Mulya dalam keadaan baik, oleh karena itu UD Tunas Baru Mulya dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat efisiensi pennggunaan aktiva dalam memperoleh keuntungan.

Keywords


Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Rentabilitas, Rasio Aktivitas, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Kasmir. 2013.Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Cetakan ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, Elly. 2006. Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Return Saham, Abnormal Return Saham dan Nilai Perusahaan. EKSEKUTIF Journal of Business and Management Terakreditasi SK Dirjen Dikti No. 48/DIKTI/KEP/2006 Volume 5, Edisi Khusus Juni 2008, Hal 173-179.

Munawir, S. 2014. Analisis laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.