PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MALANG

Susi Susanti

Abstract


Pajak daerah dan Retribusi daerah merupakan sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah, karena semakin besar penerimaan Pajak daerah dan retribusi daerah maka semakin besar pula Pendapatan Asli Daerah yang di peroleh daerah tersebut. Oleh karena itu jika hasil pendapatan daerah semakin meningkat dan besarnya pendapatan daerah maka hasil akan menunjukkan bahwa daerah tersebut mampu melaksanakan desentralisasi fiskal dan akan mengurangi tingkat ketergantungan terhadap pemerintah pusat. Sedangkan dengan dilakukannya penelitian ini hanya semata-mata ingin mengetahui tingkat efektif atau tidaknya penerimaan yang dilalukan petugas pajak daerah dan retribusi daerah terhadap PAD di Kabupaten Malang. Analisis dilakukan dengan menghitung tingkat efektivitas untuk mengetahui realisasi dan target yang sudah ditetapkan oleh petugas pemungutan pajak dan retribusi daerah selama tiga tahun terakhir di Kabupaten Malang. Menghitung jumlah tingkat efektifitas penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah selama tahun 2016-2018,dan menghitung tingkat target dan realisasi masing-masing tahun anggaran.Sektor pajak daerah dan retribusi daerah di Kabupaten Malang pada tahun 2016,2017,2018 selalu mengalami penngkatan dan tetap kontinu selalu memenuhi target bahkan melebihi target dalam kurun waktu tiga tahun proporsi tingkat efektifitas penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah masing-masing tahun mengalami peningkatan. Hal ini di mungkinkan peranan dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang didalam mengelola penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah yang semakin bagus, sehingga target yang telah ditetapkan dari tahun ke tahun.

Keywords


Efektivitas, Pajak dan Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Full Text:

PDF

References


Adi, Priyo Hari. 2006. Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang, 23-26 Agustus 2006, Hal 1-22.

Devas, Nick.al. 1989. Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Hakki, D.2008. Analisis Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Sebelum dan Pada Masa Otonomi Daerah di Kota Bogor skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Harun. 2001. Menghitung Potensi Pajak Dan Retribusi Daerah. YogyakartA:BPFE.

Koswara, E. 2001. Otonomi Daerah: Untuk Demokrasi dan Kemandirian Rakyat. Jakarta: Yayasan Pariba.

Kuncoro, Haryo.2007. Fenomena Flaypaper Effect pada Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 9. No. 1. Hal 47-63.

Kurniawan dan Agus Purwanto. 2006. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Indonesia. Malang: Bayumedia Publishing.

Mardiasmo. 2002. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Mulyanto. 2002.”Potensi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kawasan Subosuka Wonosaren Propinsi Jawa Tengah (The Potential of LocalGovernment Revenue : A Case Study in Subosuka Wonosaren District, Central Java Provincies)”. Economics Faculty Sebelas Maret University. Surakarta.

Nusa Dewanti, Anggita.2012. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap Pendapatan Daerah (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten) skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prakosa. 2003. Pajak dan Retribusi Daerah edisi revisi. Yogyakarta: UII Press.

Rahdian, D. P.2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kota Depok Pada Era Otonomi Daerah skripsi. Bogor: Institut pertanian Bogor.

Riduansyah, Mohammad. 2003. “Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Guna Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah.

Rochmat, Soemitro. 2007. Pengantar Singkat Hukum Pajak. Bandung:PT Eresco.

Siahaan, P. Mariot. 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Grafindo.

Vina. 2010. Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuasin. STIE-MDP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.