UPAYA MEMAKSIMALKAN PERENCANAAN PAJAK DALAM PENERAPAN METODE PENYUSUTAN ASET TETAP DITINJAU DARI PSAK 16 (STUDI KASUS PADA PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK)

Ariadi Ariadi

Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan pada studi kasus perusahaan adalah untuk mengetahui bagaimana upaya memaksimalkan perencanaan pajak dalam penerapan metode penyusutan aset tetap ditinjau dari PSAK 16. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan keadaan perusahaan dalam melakukan perencanaan pajak melalui penerapan metode penyusutan aset tetap. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa perusahaan telah melakukan perhitungan beban penyusutan yang benar melalui metode penyusutan garis lurus untuk memaksimalkan perencanaan pajak.

Keywords


Perencanaan Pajak, Aset Tetap, Metode Penyusutan, PSAK 16

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2008. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

Giantino A. Ratag. 2013. “Perencanaan Pajak Melalui Metode Penyusutan Aktiva Tetap Untuk Menghitung PPh Badan pada PT. Bank Sulut” Jurnal MODUS Vol. 1 No. 3 September.

Ita Salsalina Lingga. 2012. “Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak” Jurnal Akuntansi, Volume 1 Nomor 2.

Kieso, Donald E., et al. 2010. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Mansury, R. 1996. Pajak Penghasilan Lanjutan. Jakarta: IND – HILL Co.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

M. Zain, 2008. Manajemen Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.

Musgrave, Richard A. 1993. Keuangan Negara dalam Teori dan Praktek (edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: Erlangga.

Nurwantu, Safri. 1994. Dasar – Dasar Perpajakan. Jakarat: LIND – HILL Co.

Resmi, Siti. 2013. Perpajakan : Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Rinto Widya Prihartono. 2014. “alisis Penyusutan Aset Tetap dan Revaluasi Aset Tetap Untuk Upaya Meminimalkan Beban Pajak Penghasilan (PPh) Badan pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat 1 Tahun 2012 – 2014” (Skripsi) Jakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

Rudianto. 2009. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.