KAJIAN TEORITIS DAN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KPP PRATAMA BATU

Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis cara-cara terkini yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak yang ada di Kota Batu dan untuk menemukan model strategi pemerintah dalam meningkatkan pemasukan pajak di Kota Batu.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu studi komparasi literature (literature comparation study) dan Analisis SWOT yang berguna untuk menemukan dan menentukan strategi yang cocok untuk permasalahan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini diuraikan secara rinci mengenai cara-cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui pengetahuan perpajakan dan beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa teori pengetahuan perpajakan memiliki korelasi dengan kepatuhan wajib pajak. Namun, dari sekian banyak literature yang telah di kaji masih sangat sedikit yang mengkaji secara mendalam mengenai strategi meningkatkan pengetahuan perpajakan dan manfaatnya terhadap kepatuhan wajib pajak. Setelah dilakukan analisis SWOT peneliti juga menemukan bahwa permasalahan yang paling umum dihadapi oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu adalah pengetahuan wajib pajak dan kesadaran wajib pajak yang masih rendah. Berdasarkan hasil tersebut maka peneliti mengusulkan strategi baru yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajak dengan membuat website yang integrative dan inovatif.

Keywords


Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Website Integrative Dan Inovatif

Full Text:

PDF

References


Atika dan Kharlina. 2014. “Analisis Sosialisasi Perpajakan pada Wajib Pajak dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Perpajakan pada KPP Madya Palembang” (Skripsi). Jurusan Akuntansi STIE MDP.

Bakhri, Syaiful, Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta

Devano, Sony dan Siti Kurnia Rahayu. 2006. Perpajakan Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Firmansyah, Fani dan Abdilah, Fadilah, Kotijah. 2014. “Analisis SWOT dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan pada PT. Panin Bank Syariah, TBK Kantor Cabang Malang” Jurnal Vol.5 No. 2

Hastuti, Rini. 2014. “Tax Awareness And Tax Education: A Perception Of Potential Taxpayers” International Journal of Business, Economics and Law, Vol. 5, Issue 1.

Istiqomah. 2016. “Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Berkaitan Dengan Adanya Kebijakan Penghapusan Sanksi Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul” (Skripsi). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yokyakarta

Julianti, Murni. 2014. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Untuk Membayar Pajak dengan Kondisi Keuangan dan Preferensi Risiko Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Candisari Semarang” (Skripsi). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Piponogoro

Nasucha, Chaizi. 2004. “Pengaruh Reformasi Adminitrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak” (Tesis). Bandung: Fakultas Pasca Sarjana Universitas Padjajaran.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oladipupo, A.O. and Obazee, Uyioghosa. 2016. “Tax Knowledge, Penalties and Tax Compliance in Small and Medium Scale Enterprises in Nigeria” International Journal Department of Accounting. Vol 8 No. 1-9.

Olaoye, Olatunji, C., Agbaje, Ayeni, R.A. and Ajewole, Alaran, P.A. 2017. “Tax Information, Administration and Knowledge on Tax Payers’ Compliance of Block Moulding Firms in Ekiti State” Journal of Finance and Accounting. Vol. 5 No. 4

Prijadarminto. 2003. Kepatuhan Sebagai Suatu Perilaku. Jakarta: Balai Pustaka.

Resmi, Siti. 2009. Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Permata, Ayu, Viega. 2017. “Pengaruh Tax Amnesty, Pengetahuan Perpajakan , dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 6 No. 2.

Widayati dan Nurlis. 2010. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Gambir Tiga” Jurnal. Publikasi SNA XIII Purwokerto.

Widodo, Widi. 2010. Moralitas, Budaya dan Kepatuhan Pajak. Bandung: Alfabeta.

https://www.jawapos.com/read/2017/01/05/100153/tantangan-pajak-2017 Diakses 24 Desember 2017 : 11.14

http://koran-sindo.com/page/news/2016-03-29/2/8 Diakses 29 Desember 2017 : 20.00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.