ANALISIS PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MENYAMPAIKAN SPT TAHUNAN (STUDI KASUS PADA KPP PRATAMA MALANG SELATAN)

Rahmat Syabirin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan E-filing oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dan tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi dengan menggunakan sistem E-filing di KPP Pratama Malang Selatan. Dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dihadapi KPP Pratama Malang Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan pengolahan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang melaporkan SPT tahun 2014-2016 sebesar 3,74% di tahun 2014, 11,56% di tahun 2015 dan 20,49% di tahun 2016 yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan setiap tahunnya. Jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi yang melaporkan SPT Tahunan secara e-filing mengalami peningkatan pada tahun 2015 yaitu sebanyak 7.758 Wajib Pajak yang melaporkan SPT secara e-filing dan terus mengalami kenaikan pada tahun 2016 yaitu sebanyak 9.783 Wajib Pajak yang melaporkan SPT Tahunan secara e-filing.

Keywords


Sistem E-filing, Kepatuhan Pelaporan, SPT Tahunan

Full Text:

PDF

References


Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. 1993. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitiatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkancana, Wayan. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.