KAJIAN TEORITIS DAN ANALISIS STRATEGIS RETRIBUSI SEKTOR PARIWISATA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH STUDI KASUS PADA DINAS PARIWISATA KOTA BATU

Yohanes Handrianus Laka

Abstract


Tujuan Peneliatian Ini : 1) Untuk mencari keterkinian keilmuan akuntansi perpajakan khsususnya retribusi sektor pariwisata di Kota Batu. 2). mendeskripsikan model Strategi yang efektif dalam upaya meningkatan retribusi objek wisata dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Tekniuk analisis data yang digunakan menggunakan studi komparasi literatur. (literatur comparation studi) disamping itu untuk mempertajam kajian strtegi peningkatan pendapatan asli daerah melalui kontribusi retribusi pariwisata, maka peneliti menggunakan analisis swot. Peneliti menguraikan secara detail langkah-langkah pemerintah kota batu dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, melalui dinas pariwisata kota batu. Teknik interview dan observasi juga digunakan untuk menggali informasi yang akurat untuk melihat lebih jelas realitas retribusi pariwisata dari pengelola objek wisata yang diberikan retribusi tersebut kepada pemerintah kota.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori retribusi pariwisata memang berdampak signifikan terhadap peningkatan pendapatan asli daerah. Namun demikian masih sedikit yang mengkaji retribusi pariwisata dari sisi sistem yang terintergtrasi antara pengelolah objek wisata, dinas pariwisata kota batu dan wisatawan yang berkinjung ke objek wisata. Sehingga peneliti menemukan inovasi keilmuan retribusi pariwisata yang terhubung secara online berbasiskan sistem terintegrasi melalui online pembayaran retribusi dan reword and punisment sebagai katalisator untuk mendorong pengelola objek wisata agar lebih semangat dan tertib dalam pembayaran retribusi pariwisata tersebut. Dari analisis swot ditemukan bahwa untuk menutupi kelemahan pengelolaan retribusi pariwisata dikarenakan masih banyak pengelola objek wisata yang belum membayar retribusi tepat waktu. Adapun strategi yang diusulkan adalah strategi online report toursm retribution.

Keywords


Retribusi Pariwisata, Strategi Online Report, Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Anne dan Santoso. 1995. Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Demartoto, Argyo. 2009. Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Solo: Sebelas Maret University Press.

Spillane, JJ. 1994. Pariwisata Indonesia Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan Yogyakarta: Kanisius.

Sugianto. 2008. Pengantar Kepabeanan dan Cukai. Jakarta: Grasindo.

Soemitro. 1979. Dasar-Dasar Hukum Pajak dan Pajak Pendapatan. Jakarta: Eresco Bandung.

Soekadijo. 1997. Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata Sebagai

“Sistem Linkage”). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Yani, Ahmad. 2009. Hubungan Keuagan Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.