ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KARANGPLOSO

Kristina Meri

Abstract


Modal kerja merupakan masalah utama dari aspek keuangan yang sering kali dihadapi oleh koperasi, karena hampir semua perhatian untuk mengelola modal kerja dan aktiva lancar yang merupakan bagian yang cukup besar dari aktiva. Besarnya modal kerja harus sesuai dengan kebutuhan koperasi, karena baik kelebihan atau kekurangan modal kerja koperasi maka akan sama-sama membawa dampak negatif bagi koperasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan modal kerja dalam menilai kinerja keuangan pada KUD Krangploso ditinjau dari analisis rasio likuiditas, aktivitas, solvabilitas dan profitabilitas selama tiga tahun mulai dari tahun 2014-2016.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode pengelolaan data menggunakan analisis rasio likuiditas, aktivitas, solvabilitas dan profitabilitas dari laporan Neraca dan laporan Sisa Hasil Usaha mulai dari tahun 2014-2016.
Hasi penelitian efisiensi penggunaan modal kerja KUD Karangploso pada tahun 2014-2016 menunjukan bahwa koperasi masih kurang efektif dalam memanfaatkan modal kerjanya dan tingkat efisiensi penggunaan modal kerja KUD Karangploso pada tahun 2014-2016 bila dibandingkan dengan standar pengukuran yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 06/per/M.KUKM/V/2006 ditinjau dari analisis rasio likuiditas pada current ratio belum efisien. Analisis rasio aktivitas pada Asset turn over belum efisien. Analisis rasio solvabilitas pada Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio belum efisien. Analisis rasio profitabilitas pada Return On Asset dan Return On Equity belum efisien.

Keywords


Efisiensi Penggunaan Modal Kerja, Rasio Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas dan Profitabilitas, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Faisal. 2001. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Malang : UMM Press.

Alvionita, Aji dan Deci. 2016. “Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Ruhui Rahayu Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur Di Samarinda” dalam eJournal Ilmu Administrasi Bisnis vol 4 no 3 hal 815-825. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Bardiwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

Djarwanto, P. 2001. Pokok-Pokok Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Ernawati, F. 2014. “Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Unit Desa Margomulyo Di Jatiyoso, Karanganyar” (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Esthirahayu, Dwi Putri., Siti Ragil Handayani, dan Raden Rustam Hidayat. 2014. “Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage Dan Aktivitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012)” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8 No. 1 Februari 2014. Malang: Universitas Brawijaya.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishung Service)

Husnan, Suad dan Eny Pujiastuti. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jogjakarta : BPFE.

Kalele, A.E. Sogeoto, A.S dan Roring, F. 2017. “Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Perusahaan Dengan Rasio Keuangan (Studi Kasus Pada Pt Semen Baturaja (Persero) Tbk)” dalam Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen vol 5 no 2 hal 2307- 2312. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lalu, R.S. Saerang, I.S & Murni, S. 2016. “Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Perusahaan Semen Yang Tercatat Di Bei Periode 2010-2014” dalam jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen vol 4 no 5 hal 303-408. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Munawir, S. 2000. Pokok-Pokok Akuntansi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Bima Rena Pariwara.

Mulyadi, Dedi., Kosasih dan Suhana, T. 2013. Analisis Rasio Keuangan Pada Koperasi Karyawan Aneka Pangan Nusantara, studi kasus: PT. Indofood CBP Sukses Makmus Tbk Purwakerta. Jurnal Majamen, Vol. 10 (3). Hal. 1-18.

Patoyah, Sri. 2005. “Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “Harapan” Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2001-2003” (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: BPEF.

Saraswati, Dinastya., Suhandak dan Handayani, Siti, Ragil. 2013. “Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Penilaian Kinerja Keuangan Pada Koperasi (Studi Pada Koperasi Universitas Brawijaya Malang Periode 2009-2012)”, dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) vol.6 no.2 Desember 2013. Malang: Universitas Brawijaya.

Sitio, A. 2001. Koperasi : Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Soemarno, S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.