PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PG KEBON AGUNG PAKISAJI MALANG)

Novinta Ina Buma

Abstract


Keefektifan suatu perusahaan dalam mengelola modal kerjanya dapat dilihat dengan menghitung atau menganalisis perputaran kas, perputaran piutang dan persediaan dan bagaimana perputaran-perputaran tersebut berpengaruh terhadap peningkatan profitabilitas. Semakin tinggi tingkat/rasio profitabilitas suatu perusahaan, maka akan semakin baik keadaan perusahaan tersebut dalam menghasilkan laba sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif adapun jenis data yang digunakan yakni data sekunder karena data yang digunakan diperoleh dari data laporan keuangan PG Kebon Agung. Metode analisa data yang di gunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan mengunakan program SPSS.
Pengujian hipotesis dengan uji t membuktikan bahwa perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas, dengan nilai variabel perputaran kas sebesar 12,577, variabel perputaran piutang sebesar 10,778, dan variabel perputaran persediaan sebesar 11,659. Adapun kunci utama dalam peningkatan profitabilitas adalah harus memiliki cadangan kas yang cukup karena kas sendiri merupakan aktiva lancar yang mudah untuk dicairkan kembali oleh perusahaan, selanjutnya adalah piutang dan disusul dengan persediaan.

Keywords


Perputaran Kas, Piutang, Persediaan, Profitabilitas dan PG Kebon Agung

Full Text:

PDF

References


Aulia Rahma. 2011. “Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Deni, Irman. 2014. “Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” (Skripsi). Kepulauan Riau: Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Lutfi, Jaya Putra. 2010. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas ( Studi Kasus :PT Indofood Sukses Makmur Tbk) (Skripsi). Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Pratiwi, Ratih. 2012. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja TerhadapnReturn On Asset Perusahaan (Studi Kasus Pada Toko Global Computer Periode 2006-2010)” (skripsi). Bandung: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan.

Yuliani, Rina. 2013. “Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pt. Unilever Indonesia Tbk. Tahun 2005 – 2012” (Skripsi). Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Yoyon Supriyadi dan Ratih Puspitasari. 2012. “Pengaruh Modal Kerja Terhadap Penjualan dan ProfitabilitasPerusahaan pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk” Jurnal Ilmiah Kesatuan, No 1Vol 14, April : 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.