ANALISIS PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN BADAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN BADAN (STUDI KASUS PADA KOPERASI UNIT DESA KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG)

Nopianus Rendi

Abstract


Diera yang modern saat ini berbagai negara khususnya Indonesia sedang giat-giatnya melaksanakan pembangun guna mencapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Di indonesia sendiri, pembangunan dan pemberdayaan mengenai pajak adalah salah satu unsure penting. Salah satunya yaitu cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pendapatan pajak dalam negeri berupa sektor pajak, diantaranya pajak penghasilan atas badan usahaatau PPh badan.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sistem didalam pelaporan pajak penghasilan dan kepatuhan wajib pajak penghasilan dalam membayar, melapor dan menyetor pajak penghasilan badan atas usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menjabarkan atau menjelaskan situasi yang sesungguhnya terjadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Koperasi Unit Desa Karangploso sudah membayar dan melaporkan pajak penghasilan Badan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sudah patuh dalam membayar pajak penghasilan badan.

Keywords


Sistem Pelaporan Pajak, Pajak Penghasilan Badan, Dan Kepatuhan Wajib Pajak.

Full Text:

PDF

References


Husaini, Usman. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

http://psikology09b.blogspot.co.id/2011/05/teknik-analisis-data-kualitatif.html Diunduh 16 Februari 2018 jam 11.41 Wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.