HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KEBUTUHAN TIDUR PADA ANAK KELAS V DI SDN MULYOAGUNG 01 DAU DAN SDN 02 LANDUNGSARI DAU KABUPATEN MALANG

Benetus Mamah, Dudella Desnani Firman Yasin, Supriyadi Supriyadi

Abstract

Salahsatu penyebab berkurangnya kebutuhan tidur pada anak yaitu bermain game online, akibat berkurangnya kebutuhan tidur maka akan mengalami gangguan kebutuhan tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bermain game online dengan kebutuhan tidur pada anak kelas V SD di SDN Mulyoagung 01 Dau dan SDN 02 Landungsari Dau Kabupaten Malang Desain penelitian ini mengunakan Cross Sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini mengunakan teknik simple random sampling, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 69 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruh responden sering bermain game online yaitu sebanyak 57 responden (82,6%). Kebutuhan tidur, hampir seluruh responden dikategorikan mengalami gangguan tidur yaitu sebanyak 53 responden (76,8%). Hasil statistik mengunakan Chi Square didapatkan p-value sebesar 0,001 (p-value ≤ 0,05), yang berarti bahwa ada hubungan bermain game online dengan kebutuhan tidur pada anak kelas V SD di SDN Mulyoagung 01 Dau dan SDN 02 Landungsari Kabupaten Malang. Siswa-siswi perlu memperhatikan dan mengurangi waktu bermain game online sebagai kendala yang mempengaruhi kurangnya pemenuhan kebutuhan tidur, dengan cara mengalihkan waktu yang digunakan untuk bermain game online dengan melakukan aktivitas lain seperti belajar, membantu orang tua, bermain dengan teman sebaya di lingkungan rumah.

ABSTRACT

Sleep needs in a child as you get older and increase the amount of activity, the need for sleep will decrease. Sleep needs are caused by several factors, one of the causes of lack of sleep needs in children is to play online games. The purpose of this study is to find out the relationship of playing online games with the need for sleep in fifth grade elementary school children in Mulyoagung 01 Dau Elementary School and Landungsari Dau Elementary School 02 Malang Regency. this study was used a correlation design that is cross sectional. The population in this study were all fifth grade students at SDN 01 Mulyoagung and SDN 02 Landungsari Dau Malang Regency as many as 84 people, and the sampling technique used a simple random sampling of 69 people. The instrument used was a questionnaire. The analysis used chi square using SPSS 16. The results of the study proved that playing online games, almost all respondents were categorized as often as many as 57 people (82.6%). Sleep needs, almost all respondents were categorized as having sleep disturbances as many as 53 people (76.8%). The results of the analysis obtained a significant value of 0.001 (p-value 0.05) with a coefficient correlation value of 0.387, so it can be concluded that there is a relationship playing online games with the need for sleep in fifth grade elementary school students in Mulyoagung 01 Dau Elementary School and Landungsari Elementary School 02 Malang. Thus students need to pay attention and reduce the frequency of playing online games as a factor that influences the lack of fulfillment of sleep needs, by switching the time used to play online games by doing other activities such as learning, helping parents, playing with peers in the home environment .

Keywords: Online Games; Child Sleep Needs.

Keywords

Game Online; Kebutuhan Tidur Anak.

References

Adams, E., Rollings, A. 2010. Fundamentals of game design, ed. Barkeley. CA: New Riders.

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia/APJII.2014.Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. https://www.apjii.or.id/. Diakses tanggal 21 Mei 2018.

Ayu, Rini. 2011. Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta: Pustaka Mina.

Ambarsari, Rini Trias., Arifah, S., dan Listyorini, D. 2012. Hubungan Lama Permainan Game Online Dengan Pola Tidur Anak Usia 10-12 Tahun Di Wilayah Jaten Kabupaten Ka ranganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Diarti Emi, & Sutriningsih, Ani, Rahayu H Wahidyanti. 2017. Hubungan antara Penggunaan Internet Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Mahasiswa PSIK UNITRI Malang. Nursing News. 2 (3). https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes. Diakses tanggal 12 Juni 2018.

Endang, Achandi L. 2007. Gizi dan kesehatan Masyarakat. Departemen kesehatan dan Gizi Universitas Indoesia. Jakarta: Grafindo Persada.

Gentile Douglas A., Hyekyung Choo, Albert Liau,Timothy Sim, Dongdong Li, Daniel Fung, and Angeline Khoo. 2011. Pathological video game use among youths: a two-year longitudinal study. Pediatrics 127(2). http://pediatrics.aappublications.org/content/127/2/e319. Diakses tanggal 18 Januari 2018.

Goenawan, Muhammad Alif. 2015.Pengungga Internet Indonesia Tembus 88,1 Juta. Jakarta: Bumi Aksara.

Hirshkowitz, M.,Whiton, K., &Albert, S. 2015. National Sleep Foundation’s sleep time duration recommendations. Journal of the National Sleep Foundation. 40-43. https://sleepfoundation.org/sleep-polls-data/sleep-in-america-poll/2018-prioritization-and-effectiveness. Diakses tanggal 17 Mei 2018.

Indrawati.2017.Hubungan permainan video game dengan pola tidur anak usian sekolah di SD Muhammadiyah Condong Catur Sleman. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Manalu, A. R. N., Bebasari, E., Butar butar,W. R.2012.Hubungan kualitastidur dengan tekanan darah pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas riau angkatan 2012. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1120075. Diakses tanggal 14 Maret 2018.

Marlianti, Dewi.2015.Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Pola Tidur dan Motivasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun di SD Mottoangin 2 Kecamatan Mariso Kota Makasar, Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, UIN Alauddin Makasar.

National Sleep Foundation.2007.How Much Sleep Do We Really Need. https://sleepfoundation.org/SAW. Diakses pada tanggal 15 Febuari 2018.

Pangerapan, Semuel A. 2015. Siaran Pers (press release) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia(APJII). https://www.apjii.or.id/. Diakses tanggal 27 Mei 2018.

Potter & Perry.2005.Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.

Wartonah, T,.2006.Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Young, K.2009.Understanding Gaming Addiction. Center for internet AddictionRecovery.https://scholar.google.co.id/scholar?q=young+addiction+gaming&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart. Diakses tanggal 23 April 2018.

Young, K.2007.Understanding online gaming addiction and treatment issues for adolescent. The American Journal of Family Therapy, 37, 355-372. Doi: 10.1080/01926180902 942191. Diakses tanggal 19 Febuari 2018.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.