HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI POSYANDU LANSIA PERMADI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Revatul Hasanah, Farida Halis Dyah Kusuma

Abstract

Meningkatnya pengetahuan dan tingkat sosial ekonomi masyarakat, serta kemajuan di bidang pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap kenaikan angka usia harapan hidup. Usia lanjut ditandai dengan menurunnya produktivitas kerja, memasuki masa pensiun atau berhentinya pekerjaan utama. Hal ini berakibat pada menurunnya pendapatan yang kemudian terkait dengan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, rekreasi dan antara status sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial dengan tingkat depresi pada lanjut usia di posyandu Lansia Permadi RW 01 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimen dengan jenis correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya berjumlah 50 orang dan sampel berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearmen rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil analisis bivariat menunjukkan Pvalue = 0,03 <0,05 yang artinya ada hubungan antara status sosial dengan tingkat depresi pada lanjut usia di Posyandu Lansia Permadi RW 01 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitan ini menyarankan kepada peneliti selanjutnya bahwa responden yang diteliti untuk mencari tambahan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan status sosial dan dapat mempertahankan koping mekanisme yang adaptif terhadap lingkungan sekitar.

Kata kunci : Depresi, lanjut usia, status sosial.

Full Text:

PDF

References

Argyo. 2007. Usia Lanjut Dan Panti Sosial. http://sobatbaru.blogspot.com/2009/07/hal-yang-dihindari-dan-dilakukan-selama.html. Diakses tanggal 23 Maret 2014. Jam 22:56 WIB.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.

Bondan P, 2005. Pengaruh Umur, depresi dan Dimensiater hadap disabilitas fungsionallansia di PSTW Abiyosodan PSTW Budi Dharma provinsi DI Yogyakarta (adaptasi model system Neuman). Diakses pada tanggal 10 maret 2014 jam 12.20 WIB

Bongsoe, S, 2007. Pengenalan Gangguan Depresipada Orang Usia Lanjut. Dalam Pidato PengukuhanJ abatan Guru Besar Tetap Universitas Sumatra Utara. http://www.usu.ac.id/files/pidato/ppgb/2007/ppgb_2007_syamsir_bs.pdf. Diakses pada tanggal 17 februari 2014

Budi, Ana Keliat. 1999.Usia Lanjut. www//http:Budiin.blogspot.com.net.id. Diakses pada tanggal 28 Januari 2014.

Depkes RI. 2002, Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan, (online),Available:http://www.depkesgeriatri.or.id/indek.php.com. Diakses pada 10 Maret 2014 jam 08.45.

Hawari D. 2007, Manajemen Stress, cemas dan depresi. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran UI.

Hidayat, A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba.

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Metode Penelitian Keperawatandan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, Aziz. 2007. Riset Keperawatan Dan Teknik Penuisan Ilmia. Jakarta: Selemba Medika.

http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/cdk_156_Depresi.pdf. Di akses pada tanggal 10 maret 2014).

Idrus, M. Faisal, 2007. Depresi pada Penyakit Parkinson. Cermin Dunia Kedokteran Vol.34No.3/156pp130 -135. Jakarta: KalbeFarma.

Indriana, Yeniar. 2012. Gerontology Dan Progeria. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono. 2006. Mengenal Gadis Remaja dan Wanita Dewasa. Bandung: Mandar Maju.

Lasri. 2013. Perbedaan Kecemasan Lansia Sebelum Dan Sesudah Latihan Relaksasi Meditasi Autogenic Di Posyandu Karangwreda Arjuno RW VI Wilayah Puskesmas Arjuno Dinkes Kota Malang. UNITRI. Malang.

Maryam, R, Siti, dkk. 2008.Mengenal uisa Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Kedokteran EGC.

Notoatmodjo, S. 1997. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rinekacipta.

Nugroho W. 2000. Keperawatan Gerontik. Jakarta : EGC.

Nursalam. 2001. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2003. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta.

Nursalam.2003.Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian keperawatan. Jakarta: PT. Salemba Medika.

Fadila. 2013. Buku Ajar Keparawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rice, P.L. 1992. Stress and Health. Second edition. Wadsworth: Inc.

Segal, Jaffe J, Pat Davies P, and Smith M, 2007. Depression in Older Adults and the Elderly. http://www.helpguide.org/mental/depressionelderly.htm. Di akses pada tanggal 15 Januari 2014.

Suardiaman, S. Partini. 2011. Psikologi Usia Lanjut. Yokyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung.

Soetjiningsih. 2004. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.