Studi Analisis Status Gizi Dan Kepatuhan ANC Terhadap Anemia Pada Ibu Hamil

Nurwijayanti Nurwijayanti, Sri Wahyuningsih, Winda Gusya

Abstract

Anemia merupakan suatu keadaan dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal . Jika ibu hamil mengalami anemia dapat mengakibatkan keguguran, bayi lahir sebelum waktunya, berat badan lahir rendah, perdarahan bahkan dapat mengakibatkan kematian pada ibu dan janin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Pagelaran Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan korelasi pendekatan cross sectional. Populasinya adalah ibu hamil trimester III  dengan menggunakan teknik random sampling didapatkan sampel 105 responden. kepatuhan ANC dan status gizi sebagai variabel independen, dan kejadian anemia sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, hasilnya diuji dengan menggunakan regresi linier dengan α = 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian hampir seluruh responden (95,2%) memiliki status gizi yang normal atau baik,  sebagian besar responden (86,7%) teratur dalam melakukan ANC dan sebagian besar responden (91,4%) tidak mengalami anemia.

Berdasarkan hasil analisa menggunaan uji statistik Regresi linier terhadap keteraturan ANC dan status gizi didapatkan p value 0,000 yang memiliki arti ada pengaruh kepatuhan, keteraturan ANC dan status gizi terhadap anemia.

Kepatuhan, keteraturan ANC dan status gizi yang baik dapat mencegah terjadinya anemia karena ibu hamil bisa selalu memantau kondisi kehamilannya untuk selalu dalam kondisi sehat sehingga anemia tidak terjadi.

Keywords

keteraturan ANC; status gizi; anemia; ibu hamil

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, edisi revisi VII, Jakarta : Rineka Cipta

Cunningham, 2013. Obstetri William. Jakarta: EGC

Kemenkes RI. (2018). Buku Saku Pemantauan Status Gizi. Jakarta : Kemenkes RI

Kementrian Kesehatan , RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta. Pusat Data dan Informasi.

Kementrian Kesehatan , RI. (2014). Pedoman Operasional Keluarga Sadar Gizi Di Desa Siaga. Jakarta : Pusat Data dan Informasi.

Kementerian Kesehatan, RI. (2013). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI

Manuaba, IBG, dkk. (2010). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB. Jakarta : EGC

Mutiarasari, Diah. (2019). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Puskesmas Tinggede. Jurnal Kesehatan, Universitas Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/HealthyTadulako/article/view/12901/9938

Tarwoto dan Wasnidar. (2011). Buku Saku Anemia pada Ibu Hamil. Jakarta : Trans Info Media.

Wiknjosastro.(2011).Buku panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : Bina Pustaka.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.