Analisa Korelasional Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Efikasi Diri Anak Usia Sekolah Dan Remaja Di Rt 03/ Rw 02 Desa Landungsari Kabupaten Malang

Hilda Mazarina Devi, Rona Sari Mahaji Putri

Abstract

Efikasi diri merupakan keyakinan personal yang kuat dalam mengerjakan sebuah perilaku. Dalam tumbuh kembang anak, penerapan pola asuh pernisif berdampak pada munculnya perilaku ceroboh, agresivitas, serta ketidakmampuan mengontrol emosi dengan positif. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan pola asuh pemisif orangtua terhadap tingkat efikasi diri pada anak. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dari penelitian ini adalah pasangan orangtua dan anak dengan rentang usia 6-18 tahun di wilayah RT 03/RW 02 Desa Landungsari, Kabupaten Malang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Uji Korelasi Spearman Rank digunakan untuk menganalisis data. Hasil menunjukan adanya hubungan pola asuh permisif orangtua terhadap efikasi diri pada anak (p = 0.000 ≤0,05; r = -0.845). Hal ini bermakna semakin rendah pola asuh permisif pada orangtua maka semakin tinggi tingkat efikasi diri yang terjadi pada anak. Penetapan dan aplikasi pola asuh yang tepat bagi orangtua sangat disarankan untuk meningkatkan efikasi diri anak usia sekolah dan remaja dengan baik di bidang non-akademik maupun akademik.

Keywords

Anak; Efikasi diri; Orangtua; Pola asuh permisif

Full Text:

PDF

References

Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Universitas Ahmad Dahlan.

Bandura, A, 2010. Self Efficacy Mechanism in Psikological and Health Promoting Behavior, Prentice Hall, New Jersy.

Bandura, A. (1994). Bandura Self-efficacy defined. Encyclopedia of Human Behavior. Retrieved from http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanEncy.html

Bandura, A. 2005.Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freemanand Company. (Online) dalam (http://skripsipsikologie.wordpress.com/2010/07/05/efikasi-diri-dan-kecemasan/di akses pada 05 Februari 2021).

Baumrind, Diana (2011). Prototy Pical Descriptions Of 3 Parenting Styles. (Online). Tersedia: http://www.devpsy.org/teaching/parent/Baumrind Parenting styles.pdf.

Baron, Robert, A., & Byrne. D. (2012). Psikologi Sosial jilid 2. Jakarta: Erlangga

Dasmo, D., Nurhayati, N., & Marhento, G. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 132-139. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.94

Kemenkes, R. I. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Kemenkes RI, 154–166.

Erikson, E. H., Erikson, J. M., & Kivnick, H. Q. (1994). Vital involvement in old age. WW Norton & Company.

Farisi, H. A. (2020). Pengaruh Deprivasi Relatif Pada Efikasi Diri Akademik Dengan Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Sebagai Variabel Moderator Pada Mahasiswa Generasi Pertama (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Fakhruddin. 2011. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Sosial Remaja di Desa Pnduman Kecamatan Jilbuk. Jember. Etheses.uin-malang.ac.id

Febrianti, R. E. (2012). Hubungan antara pola asuh dan status ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (studi kasus pada siswa kelas VII SMP N 8 Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Feist, Jess dan Feist, J. Gregory (2008). Theories of Personality. Alih Bahasa (2006). Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunarsa, (2002) Psikologi perkembangan anak dan remaja, BPK Gudang Mulia. Jakarta.

Hadzic, R., Magee, C.A., and Robinson, L. (2013). “Parental Employment and Child Behaviors: Do Parenting Practices Underlie These Relationships?.”International Journal of Behavioral Development, 37 (4), 332-339. Online:http:// ro.uow.edu.au/ cgi/ viewcontent.cgi? article=1302&context=sspapers). Diakses Pada 25 Februari 2021.

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Jakarta: Erlangga.

Irmawati. (2002). Motivasi Berprestasi & Pola Pengasuhan Pada Suku Bangsa Batak Toba & Suku Bangsa Melayu (tesis). Jakarta: Fakultas Pasca UI.

Irsan, M. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Aktualisasi Diri, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP se Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Edisi Pertama. Jakarta : Penerbit Kencana.

Kurniawan, A. (2017). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V Sd Se-Gugus 1 Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Laksmi, Putu Putri Dena, Suniasih, Ni Wayan, dan Komang Ngurah Wiyasa. 2018. Pengaruh pola asuh terhadap efikasi diri. Jurnal kesehatan dan pengembangan pendidikan Vol.2 (1). Online: https://www.researchgate.net/publication/331868323_Pengaruh_Pola_Asuh_Orang_Tua_terhadap_Efikasi_Diri. Diakses Pada 25 Februari 2021.

Lisnawati, L. (2018). MEWUJUDKAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA MUSLIM YANG VISIONER. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(1), 77-89.

Luthans, B. C., Luthans, K. W., & Chaffin, T. D. (2021). Character matters: The mediational impact of self-regulation on PsyCap and academic performance. Journal of Education for Business, 1-15.

Mahardikawati. 2012. Skripsi: hubungan antara self-efficacy dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaraja Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2011-2012.Bandung: Repository. Upi. Edu. [9 November 2012]

Mulyadi, A. S. (2016). IMPLEMENTASI TERAPI KELUARGA STRATEGIS PADA KELUARGA DENGAN ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI DESA SUKAMANTRI KECAMATAN PASEH KABUPATEN BANDUNG. Pekerjaan Sosial, 15(1).

Ningrum, Deci Cahya. (2019). Perbedaan Self Efficacy Remajaditinjau Dari Pola Asuh. Skripsi.

Nurhayanti, R., & Novotasari, D. (2013). Tipe Pola Asuh Orang Tua yang berhubungan dengan Perilaku Bullying di SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1).

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Bulletin Psikologi. 23(2).

Nuruddin, Ilham. (2015). Hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademi pada siswa MA Al-Hidayah Wajak Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2001). Physical and cognitive development in adolescence. Author, In human development, 406-443.

Papalia, D., Olds, S., & Feldman, R. (2008). Human Growth and Development. New York: McGraw Hill.

Pemerintah Kota Malang, (2021). UPAH MINIMUM KOTA MALANG 2017 DISOSIALISASIKAN. Available online: https://malangkota.go.id/2016/12/08/upah-minimum-kota-malang-2017-disosialisasikan/

Purwaningsih, E., & Setyaningsih, R. T. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Pernikahan Usia Dini Di Desa Jambu Kidul, Ceper, Klaten. INVOLUSI Jurnal Ilmu Kebidanan, 4(7).

Sahin, S., & Mete, J. (2016). Sustainable Development: Environmental, Economical, Social Well-Being for Today and Tomorrow. Mimbar Pendidikan, 1(1).

Santrock, J. W. (2002). Life-span development (development of the life span). Jakarta: Erlangga

Saraswati, A. Ratnaningsih, I. Z. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk N 11 Semarang. Jurnal EMPATI. Vol 5 (3).

Soetjiningsih. (2004).Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta : Sagung Seto.

Suharto, S., Japlani, A., & Ali, K. (2021). PENGUKURAN MINAT BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN SELF EFFICACY, LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 52-69.

Widanarti, N. indati, A. (2002). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Pada remaja di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Psikologi 2 (2).

Wirawan. 2012. Menghadapi Stres dan Depresi (seni menikmati hidup agar bahagia). Jakarta: Platinum.

Yusuf, R. N. (2019). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI SMP NEGERI 35 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

YUSMAN, E. (2015). HUBUNGAN POLA ASUHORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SD NEGERI 05 PT KELAS 2 DIMERUYA SELATAN JAKARTA BARAT. Undergraduate these health of faculty Universitas Esa Unggul. Available online: https://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-pola-asuhorangtua-dengan-prestasibelajar-anak-sd-negeri-05-pt-kelas-2-dimeruyaselatan-jakarta-barat-5079.html

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item Supplementary files - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.