HUBUNGAN ASUPAN NUTRISI DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI PRIMER DIPOLIKLINIK RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Sujati Sujati, Tanto Hariyanto, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Asupan Nutrisi dapat diperoleh dari makanan sumber karbohidrat, lemak dan protein yang merupakan sumber energy yang dibutuhkan untuk metabolisme dasar dan aktifitas sehari-hari kelebihan asupan energi tersebut merupakan awal dari obesitas. Sedangkan sajian siap santap yang mengandung lemak, protein, berkadar garam tinggi dan mengandung rendah serat merupakan konsekuensi dasar timbulnya penyakit vaskuler dan hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan asupan nutrisi dengan tekanan darah pada pasien hipertensi di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan secara Cross Sectional. Populasinya adalah pasien yang berobat di poli rawat jalan Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Sebanyak 20 respoden dengan teknik pengambilan sampel simple purposive sampling.Analisa data yang digunakan adalah t pearson dengan taraf signifikan α= 0,05. Pengambilan dan penggalian informasi diperoleh melalui lembar foodrecall 3 x 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan sebaran tidak linier,sedangkan hasil uji t-pearson yang diperoleh menunjukkan koefisien korelasi 0,003 dengan p value 0,525 (>0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara asupan nutrisi energi dengan tekanan darah pada pasien di RSPW Malang.Penelitian selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan acuan mengenai asupan nutrisi dengan Angka Kecukupan Gizi dan Indeks Massa tubuh dan melakukan analisa lebih lanjut terkait asupan nutrisi makro dan mikro.

Kata kunci : Asupan Nutrisi, Tekanan Darah, Hipertensi Primer

Full Text:

PDF

References

Armilawaty 2007.Tekanan Darah Tinggi Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi Sutomo, 2010. Menu Sehat penakluk Hipertensi. Jakarta Demedia Pustaka

Djoko Santoso 2013 Malang Nephrology dan Hypetension Update I

Dr. Fatmah, S.K.M., M.Sc. 2010 Gizi Usia Lanjut. Jakarta Erlangga

Dr. Yekti Susilo, Ari Wulandari, 2011 Cara Jitu Mengatasi Hipertensi Yogyakarta: Andi

Dr.Sunita Almatsier, M.Sc. 2006 Penuntun Diet edisi baru. Jakarta Gramedia Pustaka Utama

Hartono, A 2010 Asuhan Nutrisi Rumah Sakit. Jakarta Bumi Aksara

Mary E. Beck 2011.Ilmu Gizi Dan Diet Hubungannya Dengan Penyakit Penyakit, yogyakarta; Essentia Medica.

Mohammad Yogiantoro, 2010 Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II Edisi V

Palmer, dkk 2007 Tekanan Darah Tinggi. Jakarta Erlangga

Sudarmoko et al., 2010.Perencanaan Menu Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi.Jakarta : Penebar Swadaya

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.