PAPARAN MEDIA BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA

Edelina Angwarmase, Erlisa Candrawati, Warsono Warsono

Abstract

Fenomena perilaku seksual semakin memprihatinkan.Banyaknya remaja yang melakukan perilaku seksual bebas menjadi pertanda bahwa permasalahan ini akan semakin berkembang jika tidak upaya pencegahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubunganpaparan media dengan perilaku seksual pada remaja di wilayah Simpang Mega Mendung Dieng Malang.Desain penelitian menggunakan desain penelitian correlation. Populasi adalah seluruh remaja di wilayah Simpang Mega Mendung Dieng Malang. Sampling yang diambil adalah teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 71 orang responden. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Agustus 2015 dengan menggunakan kuesioner. Analisa hasil penelitian menggunakan uji spearman rho∝ =0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mengalami paparan media berresiko tinggi yaitu 46 orang (64,8%) dan kategori remajayang telah terkena paparan media berisiko tinggi seluruhnya telah melakukan perilaku seksual berisiko tinggi yaitu sebanyak orang 46 orang (64,8%). Dari pengujian statistik diperoleh hasil ada hubungan yang kuat antara paparan media dengan perilaku seksual pada remaja dengan nilai p =0,000 < α = 0,05 dan r = 0,769.Penelitian selanjutnya disarankan untukdapat menjadi sumber informasi awal dan bahan perbandingan dalam mengkaji paparan media dengan perilaku seksual pada remaja, menambah besar sampel, menambahkan variabel lain seperti pengaruh teman sebaya, dukungan sosial keluarga, agama, dan memilih lokasi penelitian yang memiliki cakupan luas seperti kelurahan.


Kata kunci : Remaja, Paparan Media, Perilaku Seksual

Full Text:

PDF

References

Febriano. 2014,‘Paparan dari media ‘http://komunikasi.us/index.php/course/1440- paparan-dari-media, diakses tanggal 29 November 2014.

Yuanita S. 2011,’Fenomena dan Tantangan Remaja Menjelang Dewasa.’ Yogyakarta: Briliant Book.

Pratiwi. 2004,’Pendidikan Seks untuk Remaja’. Yogyakarta: Tugu Publisher

Soetjiningsih. 2004,’Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahanya. ‘ Jakarta: Sagung Seto.

Santrock, J.W. 2007,’Remaja.’ Edisi XI.Jakarta: Erlangga.

Willis, Sofyan S. 2008,’ Remaja, Masalahnya.Bandung: Alfabeta.

Sarwono, S.W. 2010. ‘Psikologi Remaja’. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarah Tri Aliani. 2013. Fenomena hubungan seksual pra nikah pada kalangan mahasiswa anak kost di gegerkalong Bandung.’

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.