HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DEMGAN PERAWATAN DIRI PADA LANSIA DI TLOGOMAS KOTA MALANG

Herwin Herwin, Joko Wiyono, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Dukungan keluarga adalah komunikasi verbal dan non verbal, saran, bantuan yang nyata atau tingkah laku yang diberikan oleh orang-orang yang akrab dengan subyek didalam lingkungan sosialnya atau berupa kehadiaran dan hal-hal yang dapat memberikan keuntungan emosional atau berpengaruh pada tingkah laku penerimanya. Dukungan keluarga terhadap perawatan diri lansia sangat baik karena perawatan diri seseorang itu berasal dari kepribadiannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan perawatan diri pada lansia. Metode analisa data penelitian ini yaitu menggunakan uji statistik korelasi Pearson dengan menggunakan SPPS 17,0 dengan derajat kemaknaan p < 0,05, sampel sebanyak 36 responden pengujian peneliti menggunakan uji statistik pearson correlation. Hasil analisis tabulasi didapatkan bahwa sebanyak(47,22 %) dukungan keluarga tergolong baik. Perawatan diri pada lansia sebagian besar (72,22 %) baik Dari hasil analisis statistik didapatkan nilai p value = 0,013 artinya H1 diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan perawatan diri pada lansia. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan dukungan keluarga dengan perawatan diri pada lansia. Hal ini berdasarkan nilai sig < α (0,013).

Kata Kunci : Dukungan keluarga, Lansia, Perawatan Diri.

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bradbury., Wilbun., Para Editor Pustaka Life-Time. 1987. Masa Dewasa. Jakarta: Tira.

Friedman, Marlyn M, 1998. Keperawatan Keluarga Teori dan Praktek Ed. 3. Jakarta : ECG.

Darmojo, 2004. Buku Ajar Geriatri. Jakarta : Balai Penerbit FKUI

Hazzard’s, 2009. Geriatric Medicine and Gerontology. New York : Mc Graw Hill Medical.

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, Salemba Medika. Jakarta : Salemba Medika

Prawitasari, J. E. 1994. Aspek Sosio-Psikologis Lansia Di Indonesia. Buletin Psikologi, No 1, 27-34.

Puspita S. E.2002. Penerimaan Diri Pada Lanjut Usia Ditinjau Dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi No 2, 73-88. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Riyanto, A. 2010. Pengolahan Data Analisis Data Kesehatan. Jakarta: Nuha Medika.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence, Perkembangan Remaja (Alih Bahasa: Shinto B. Adelar & Sherly Saragih). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. 2006. Perkembangan Masa Hidup: Edisi Kelima (Terjemahan Juda Damanik & Achmad Chusairi). Jakarta: UI Pres.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.