HUBUNGAN AKTUALISASI DIRI DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP KAUM HOMOSEKSUAL DI IKATAN GAY MALANG

Maria Gemelin Suarliak, Dyah Widodo, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Pembentukan sikap mental yang baik dapat di temukan melalui hasrat hidup bermakna. Usaha untuk mencapai kebermaknaan hidup kaum homoseksual tidak terlepas dari usaha untuk mengaktualisasikan diri, hal itu berkaitan dengan kualitas insani yang meliputi kemampuan eksistensial yaitu transdensi diri, kerja, pengenalan dan pengembangan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara aktualisasi diri dengan kebermaknaan hidup kaum homoseksual. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan menggunakan sampel yaitu kaum homoseksual yang tercatat di Ikatan Gay Malang, sesuai kriteria inklusi sebanyak 25 orang diambil dengan tehnik total sampling. Data diambil menggunakan kuesioner, dianalisa menggunakan uji Spermank Rank dengan α (0,05). Hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak 44% kaum homoseksual mempunyai aktualisasi diri yang cukup baik, sebanyak 56% kaum homoseksual mempunyai makna hidup yang cukup baik yang berarti ada hubungan yang kuat antara aktualisasi diri dengan kebermaknaan hidup kaum homoseksual di Ikatan Gay Malang dengan p value (0,006) <α (0,05) dan nilai (r=0,877). Diharapkan para kaum homoseksual dapat menambah pengetahuan, wawasan dan mencari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang cara meningkatkan aktualisasi diri dan makna hidup yang benar serta meningkatkan hubungan antar individu yang nantinya dapat atau bisa berbagi informasi, pengalaman serta saling mendukung dalam meningkatkan aktualisasi diri dan makna hidup.

Kata Kunci : Aktualisasi diri, homoseksual, kebermaknaan hidup.

Full Text:

PDF

References

Abraham. H. Maslow. 2003. Motivation and Personality. Jakarta : Salemba Medika

Ariyanto. 2007. ”Aspek moral dalam Kumpulan Cerpen Sayap Anjing Karya Trikromo (Tinjauan Semiotik)”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Alimul. Aziz, A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Ed. 2. Jakarta : Salemba Medika.

Bastaman, H.D. 2007. Logoterapi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Frankl, V.E., 2004. Mencari Makna Hidup. Bandung : Nuansa.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.