HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN FUNGSI SOSIAL LANSIA DI WILAYAH KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Sisilia Niman, Tanto Hariyanto, Novita Dewi

Abstract

Peningkatan penduduk lansia pada dasarnya merupakan dampak positif dari pembangunan. Pembangunan membawa perubahan yang sangat signifikan dalam kehidupan masyarakat. Perubahan yang terjadi juga menyebabkan berkurangnya peran dan status lansia dalam keluarga. Selain itu juga mulai terlihat hilangnya bentuk - bentuk dukungan keluarga terhadap lansia.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan fungsi sosial lansia di wilayah RW 06 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Metode penelitian yang digunakan berupa analitik correlational dengan pendekatan survey. Sampel penelitian sebanyak 36 dari 40 populasi denganteknik purposive sampling. Dukungan keluarga dari 36 responden, baik 17 (47,22 %), cukup 19 (52,77 %), kurang 0 (0%), dan fungsi sosial lansia dari 36 responden baik 15 (41,66 %), cukup 16 (44,44 %), kurang 5 (13,88 %). Hasil uji korelasi pearson antara dukungan keluarga dengan fungsi sosial lansia didapatkan p-value 0,021 dan nilai korelasi sebesar 0,382 atau 38,2%. Artinya ada hubungan antara dukungan keluarga dengan fungsi sosial lansia. Rekomendasi kepada pihak-pihak lain, bagi semua keluarga yang mempunyai lansia adalah agar dapat menjalin ikatan kekeluargaan. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan sampel yang lebih banyak lagi.

Kata kunci : Dukungan keluarga, fungsi sosial, lansia.

Full Text:

PDF

References

Aziz, A Alimul. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Ed. 2. Jakarta: Salemba Medika.

Bomar, P. J. 2004. Promoting health in families: applying family research and theory to nursing practice. Elsevier Health Sciences.

Hazzard. 2009. Geriatric Medicine and Gerontology. New York: Mc Graw Hill Medical.

Menkokesra. 2010. Usia Harapan Hidup Penduduk Lansia. http:// data. Menkokesra.go.id. Diakses tanggal 14 Desember 2011.

Nugroho.W. 2000. Keperawatan Gerontik. Jakarta: Gramedia.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis. Jakarta: Salemba Medika.

Purnawan. 2008. Keperawatan Keluarga. Jakarta: Gramedia.

Sadock, B. J., & Sadock, V. A. 2008. Kaplan & Sadock's concise textbook of clinical psychiatry. Lippincott Williams & Wilkins.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.