HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA LANSIA USIA 60-70 TAHUN SETELAH PURNA TUGAS (PENSIUN) DI POSYANDU LANSIA PERMADI KELURAHAN TLOGOMAS, LOWOKWARU KOTA MALANG

Hamka Hamka, Tanto Hariyanto, Hari Sukanto Adi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hubungan dukungan keluarga dengan penyesuaian diri pada lansia usia 60-70 tahun setelah purna tugas (pensiun) di posyandu lansia Permadi Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian ini menggunakan desain kolerasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan penyesuaian diri pada lansia. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia pensiun yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan waktunya, penelitian ini bersifat cross sectional, penelitian ini melibatkan 18 lansia di posyandu lansia Permadi Kelurahan Tlogomas Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan meberikan kuisioner dan melihat hasil dari beberapa pertanyaan mengenai dukungan keluarga dan penyesuaian diri. Uji kolerasi Spearman untuk menentukan hubungan dua variabel yang keduanya merupakan data ordinal. Hubungan kedua variabel tersebut diperlihatkan dengan menggunakan Uji Kolerasi Sprearman Rank (Rho) dengan taraf signifikan (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (66,7%) dukungan keluarga yang baik kepada responden sebanyak 12 orang. Sebagian kecil (22,2%) dukungan keluarga yang cukup kepada responden sebanyak 4 orang. Sebagian kecil (11,1%) dukungan keluarga yang kurang kepada responden sebanyak 2 orang. Berdasarkan hasil didapat nilai p-value = 0,009 sehingga dapat disimpulkan p-value = 0,009 < α (0,05). Oleh karena itu, ada hubungan antara dukungan keluarga dengan penyesuaian diri.

Keywords

Dukungan keluarga, Penyesuaian diri.

Full Text:

PDF

References

Corsini, R. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahkan oleh Kartini Kartono. Jakarta:

PT. Raja Grafido Persada.

Hurlock, E. B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Terjemahan Soedjarwo & Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.

Kodriati, Council. 2004. Manajemen stress. Jakarta: EGC.

McConnell, E. S. dan Matteson, M. A. 1988. Gerontological Nursing Concept and Practice. Philadelphia W.B. Saunders Company.

Miller A.C. 1995. Nursing Care of Older Adult, Theori and Practice. 2nd Ed. Philadelphia: J.B Lippincott Co.

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Roy, S.C. 1991. The Roy adaption model: the definitive statement. New Jersey. Applenton-Century Crofts

Santrock, J.W. 1998. Life Span evelopmentEdisi 5. Jakarta: Erlangga.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.