HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN ANGKATAN 2012 DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Wahyu Ananda, Joko Wiyono, Ragil Catur Adi W.

Abstract

International Telecommunication Union mengemukakan pada tahun 2014 Indonesia mengalami pertumbuhan pemain game online hingga 33% dari jumlah pengunjung internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan gangguan pola tidur padamahasiswa PSIK angkatan 2012 di UNITRI Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 mahasiswa dan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu kolerasi spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar (71,1%) responden mengalami kecanduan Game Online sedang, lebih dari separuh (65,8%) responden mengalami gangguan pola tidur buruk dan uji kolerasi spearman rank dinyatakan ada hubungan kecanduan game online dengan gangguan pola tidur pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan angkatan 2012 di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dengan p-value (0,003 < 0,050). Disarankan mengurangi tingkat permainan game online yang berlebihan sampai larut malam untuk menghindari gangguan tidur.

ABSTRACT

Internet Telecomunication Union put forward in 2014 Indonesia experienced growth of online game players up to 33% of the number of Internet visitors. The purpose of this study to determine the relationship of online gaming addiction with disruption of sleep patterns in students PSIK force UNITRI 2012 in Malang. The study design using correlation design with cross sectional approach. The population in this study were 38 students and research samples using purposive sampling. Data collection techniques used were questionnaires. Data analysis method used is the Spearman rank correlation by using SPSS. Research shows that the majority (71.1%) of respondents experienced being addicted Online Game, more than half (65.8%) of respondents experienced a poor sleep pattern disturbances and Spearman rank correlation test revealed no relationship addicted to online games with disruption of sleep patterns the students of Nursing Science force in 2012 at the University of Malang Tribhuwana Tunggadewi with p-value (0.003 <0.050). Thus needs to be done to improve the quality of sleep disorder that reduces the level of online game play excessive until late at night.

Keywords: Online game addiction; disorders sleep patterns.

Keywords

Gangguan pola tidur; kecanduan game online.

References

Chandra, A. N. 2006. Gambaran perilaku dan motivasi pemain online games. Jurnal Pendidikan Penabur No.07/Th.V/Desember 2006, p. 1-11.

Indra A, Noor 2012. Pemanfaatan Internet Sehat Sebgai Sumber Belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Semarang. https://core.ac.uk/download/pdf/13548876.pdf. Diakses tanggal 25 Oktober 2015.

International Telecommunication Union. 2014. Manual for Measuring ICT Access and Use by Households and Individuals. http://www.internetlivestat.com. Diakses pada 28 Januari 2016

Jones, S. 2003. Let the games begin: gaming technology and entertainment among college students. Washington: Pew Internet & American Life Project.

Noviana, D. 2011. Hubungan Kecanduan Internet dan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa S1FK UNS Yang Sedang Skripsi. https://core.ac.uk/download/pdf/12348894.pdf. Diakses pada 27 Januari 2016.

Qimi, 2009. Gangguan Pola Tidur dan Kualitas Tidur.https://media.neliti.com/media/publications/18762/pdf.Diakses pada 28 September 2015.

Saidah, H. N. 2014. Perilaku Remaja Pengguna Game Online (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Remaja Pengguna Game online di Saribudolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun).http//portalgaruda.org/download/pdf. Diakses pada 27 Januari 2016.

Yee, N. 2006. The demographics, motivations and derived experiences of users of massively-multiuser online graphical environments. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, vol 5, 309-329.

Young, K. S. 2007. Internet addiction: the emergence of a new clinical disorder. Cyberpsychology & behavior, vol. 4, 7, 237-244.www.netaddiction.com/net_compulsions.html. Diakses pada 29 Januari 2016.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.