PENGARUH IKLAN “SHOPEE BLACKPINK SEBAGAI BRAND AMBASSADOR” TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE MAHASISWA

Fathul Qorib, Angela Merici Bhara

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh iklan shopee yang menampilkan Girlband Blackpink sebagai brand ambassador terhadap minat belanja online mahasiswa kampus kebidanan Wira Husada Nusantara. Teknologi komunikasi dan informasi berkembang secara luar biasa. Internet dapat dikatakan sebagai suatu awal dari penemuan terbesar teknologi komunikasi yang memberikan dampak terbesar untuk manusia. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi yaitu munculnya tren baru di kalangan remaja yang sering disebut dengan istilah Korean wave atau gelombang Korea. Gelombang Korea membuat para remaja sangat tergila-gila dengan artis dan aktor yang digemarinya tersebut. Adanya gelombang Korea tersebut juga bisa menjadikan sebuah peluang usaha dan juga lapangan pekerjaan bagi sebagian orang yang menyukai dunia bisnis dan memahami peluang. Oleh karena itu, pada penelitian ini ingin meneliti pengaruh iklan shopee yang menampilkan Girlband Blackpink sebagai Brand Ambassador terhadap minat belanja online mahasiswa Akademi Kebidanan WHN Malang. Metode analisa data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan program SSPS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,674 (67,4%), nilai tersebut menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara iklan dan minat adalah hubungan yang kuat. Hasil uji hipotesis dan diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu sebesar 5,075 > 2,039. Dengan demikian, iklan shopee yang menampilkan girlband Blackpink sebagai brand ambassador secara signifikan berpengaruh terhadap minat belanja onlinemahasiswa akademi kebidanan Wira Husada Nusantara.

The purpose of this research is to find out and study the influence of shopee advertisements featuring Blackpink girlband as brand ambassadors for the online shopping interests of Wira Husada Nusantara midwifery students. Communication and information technology is developing extraordinary. The internet can be said to be the beginning of the greatest invention of communication technology that has the greatest impact on humans. One impact of technological development is the emergence of new trends among adolescents who are often referred to as Korean waves. The Korean wave made teenagers crazy about the artists and actors he loved. The existence of the Korean wave can also be a business opportunity and also employment for some people who like the business world and understand the opportunities. Therefore, in this study, we want to examine the effect of shopee advertisements featuring Girlband Blackpink as Brand Ambassadors for online shopping interests of WHN Malang Midwifery Academy students. The data analysis method used is the Simple Linear Regression using the SSPS program. Based on the results of data analysis, the correlation or relationship (R) value of 0.674 (67.4%) shows that the correlation or relationship between advertising and interest is a strong relationship. Hypothesis test results and note that t arithmetic> t table that is equal to 5,075> 2,039. Thus, shopee advertisements featuring Blackpink girlband as brand ambassadors significantly influence the online shopping interests of Wira Husada Nusantara midwifery academics students.

Keywords

Advertisement, Brand Ambassador, Readability

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta.

Arbi, Fahris. ”Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Fotografi pada Komunitas Fotografi Kamera Indonesia Malang”. Skripsi.Malang : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Dimyati, M. 2010. Cara Meningkatkan Minat Gotong Royong Masyarakat. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Liputan6.com. 2018. Tiket Konser Blackpink di Jakarta Ludes dalam Hitungan Jam. Dikutip 17 September 2019 dari linkhttps://www.liputan6.com/showbiz/read/3801972/tiket-konser-blackpink-di-jakarta-ludes-dalamhitungan-jam

Morissan, M.2010.Peiklanan; Komunikasi Pemasaran Terpadu.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. 2011. Ilmu Komunikasi suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli.2006.Komunikasi Antar Budaya : Di Era Budaya Siber.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Qorib, Fathul dan Syahida, Amanah Rakhim. 2018. Pola Komunikasi Pariwisata Pengrajin Keramik di Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Jurnal Reformasi Volume 8 Nomor 2 (2018) hal. 151-161

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Shopee.(2019).Shopee Indonesia.dikutip 20 Januari 2019 dari Shopee Indonesia : https://shopee.co.id/

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Rakhmat, Jalaluddin .2012. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.