PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PUBLIKASI HASIL FOTOGRAFI UKM X-FLASH

Marcy Adiningsih Djamilay, Sulih Indra Dewi

Abstract

Abstract: The purpose of the research is to find out and study the Instagram social media role in the publication of photography results of X-Flash student activity unit and photo publication on Instagram supporting the creativity of members. Technology advance nowadays make it easier for people to find out the needed information easily just by using the internet and what's new in the internet world is social media. One of the most popular social media today is Instagram with its advantages that it can beautify photos with various existing features, distribute photos and to market products or sell online. The existence of Instagram is used by those who have a hobby of photography to show their works. Therefore, this study aims to examine the role of Instagram social media on the publication of the X-Flash photography results. The data analysis technique used were data reduction, data presentation and verification. Based on the result of data analysis, it was found that the role of Instagram social media were as a media for publication and promotion to increase popularity, increase the existence of X-Flash, give or receive online invitation from off-campus photography communities and introduce the work of X-Flash to the public. There were ways to increase the creativity of members, namely by sharing, hunting together, holding exhibition and re-uploading members' work.

Keywords: Social Media Instagram, Instagram, Photography, UKM X-Flash

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mempelajari peran media sosial instagram terhadap publikasi hasil fotografi UKM X-Flash serta publikasi foto di instagram yang mendukung kreativitas anggota. Kemajuan teknologi saat ini memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dengan mudah hanya dengan menggunakan internet dan yang baru di dunia insternet adalah media sosial. Salah satu media sosial yang terpopuler saat ini adalah instagram dengan kelebihannya yang bisa memperindah foto dengan berbagai fitur yang ada, menyebarkan foto dan untuk memasarkan produk atau berjualan online. Adanya instagram ini dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki hobi dalam dunia fotografi untuk memperlihatkan hasil karyanya. Oleh karena itu, pada penelitian ini ingin meneliti peran media sosial instagram terhadap publikasi hasil fotografi UKM X-Flash. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peran media sosial instagram yaitu sebagai media publikasi dan promosi untuk meningkatkan popularitas, meningkatkan eksistensi UKM X-Flash, memberikan atau menerima undangan online dari komunitas fotografi luar kampus dan mengenalkan hasil karya UKM X-Flash kepada khalayak. Adapun cara untuk meningkatkan kreativitas anggota yaitu dengan melakukan sharing, hunting bersama, mengadakan pameran dan mengunggah kembali karya anggota.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Fotografi, UKM X-Flash

Full Text:

PDF

References

Dimyati, M. (2010). Cara Meningkatkan Minat Gotong Royong Masyarakat. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Effendy, Uchjana. 2013. Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Handika, Made Resta & Darma, Gede Sri. 2018. Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 15, No. 2, hal. 192-203.

Irma, Ade, 2017, Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal Online Kinesik, Vol. 4 No. 2, hal. 1-12.

Kaplan, Andres & HaenLein, Michael. 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons.

Mahendra, Bimo. 2017. Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, Volume 16, No.01, hal. 151-160.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Qorib, Fathul. 2020. Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. Jurnal Ilmu Komunikasi : Ultimacomm. Vol 12 No 1 hal 53-71.

Riswandi. 2009. Ilmu komunikasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyaningrum, Premi Wahyu. 2016. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah, Vol. 2, No. 2, hal. 230-257.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.