PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH KOTA BATU DALAM PENGUATAN BRANDING “KOTA WISATA BATU” MELALUI INSTAGRAM

Fathul Qorib, Rizki Aszihar

Abstract

This study aimed to determine the effectiveness of the Batu City Government Instagram @pemkotbatu.official as a form of public relations media in the cyber era. The theory used in this study is a public relations strategy that consists of defining problems, planning, and programming, taking action and communicating, and evaluating programs. The method used is qualitative with data from the @pemkotbatu.official Instagram account managed by the Public Relations of the Batu City Government so that it is in the form of descriptive data and not in the form of numbers, as is the case in quantitative research. The study results found that the Public Relations of the Government of Batu City are promoting more than just the agendas. More than that, public relations needs to rely on a strategy, namely, that agencies or institutions are liked and trusted by their audiences, called target audiences so that they can all form opinions and perceptions within the community to elevate the image of government agencies or institutions. Properly using social media can improve the image or reputation of the institution, but mistakes in using social media can also be fatal. Therefore the use of social media must continue to be accompanied by capacity building in content management and public relations strategy.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Instagram Pemkot Batu @pemkotbatu.official sebagai bentuk media humas di era siber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi public relations yang terdiri dari yakni mendefinisikan problem (fact finding), perencanaan dan pemrograman (Planning), mengambil tindakan dan berkomunikasi (pelaksanaan), serta mengevaluasi program. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan data dari Akun Instagram @pemkotbatu.official yang dikelola Humas Pemkot Batu sehingga berbentuk data deskriptif dan tidak berupa angka-angka seperti halnya pada penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa Humas Pemerintah Kota Batu bukan hanya sekedar mempromosikan agenda-agenda yang ada di sana, lebih dari itu, humas perlu mengandalkan strategi, yakni agar instansi atau lembaga disukai dan dipercaya oleh khalayaknya, disebut target khalayak agar mereka semua dapat membentuk opini dan persepsi didalam diri masyarakat sehingga dapat mengangkat citra intansi atau lembaga pemerintahan. Penggunaan media sosial yang tepat dapat meningkatkan citra atau reputasi lembaga, namun kesalahan dalam penggunaan media sosial juga dapat berakibat fatal. Oleh karena itu penggunaan media sosial harus terus disertai dengan peningkatan kemampuan dalam hal pengelolaan konten dan strategi kehumasan

Keywords

Public relations; Instagram; Batu City Government; Pemkot Batu

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari. 2020. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Assumpta, Maria Rumanti. Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. PT. Grasindo. Jakarta, 2002

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008

Burhan Bungi, Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Bisinis, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana, 2008), h. 23

Cutlip M, Scoot, Allen H. Center, Glen M. Broom. Effective Public Relations. Kencana. Yakarta, 2007

Effendy, Onong Uchyana. 2016. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Husein, Umar. Metode Riset Komunikasi Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2002

Jefkins, Frank. Public Relations Edisi ke-4. ERLANGGA. Jakarta, 2003

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2006

Renggo, LB; Najih, A; Qorib, F. 2021. Menjalin Komunikasi Publik: Strategi Humas Universitas Tribhuwana Tunggadewi dalam Menjaga Relasi Internal dan Eksternal. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 10 No 2 Hal 95-100.

Qorib, F. (2020) Strategi PR dalam Mengembangkan Pariwisata. Lombok: FP Aswaja

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Suhandang, Kustadi. 2014. Public Relations Perusahaan: Kajian Program Implementasi. Bandung: Nuansa

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administratif. Bandung : Alfabeta

Widjaja, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992), h. 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.