Optimalisasi Komunikasi dan Kolaborasi Humas untuk Peningkatan Tridharma di OTTIMMO Internasional

Baresa Margi Mukti, Merry Fridha Tripalupi, Teguh Priyo Sadono

Abstract

Nowdays, competition in universities is getting tougher. One attempt to ensure that a higher education institution have a special place among the public is to improve its quality so that it can produce superior graduates. Tridharma is a pillar of higher education that must be implemented, consist of education and teaching, research and community service. Apart from being something that must be done, the Tridharma of higher education can provide benefits, namely producing graduates who are creative, innovative, independent and useful for the surrounding community. Tridharma activity in higher education cannot walk alone internally, there needs to be an approach to the community through a public relations unit. Through the partnerships built between public relations and its partners, collaboration can result in activities that can be implemented into the Tridharma activities themselves. This research goal is to determine the strategies and models of communication and public relations collaboration at the OTTIMMO International Culinary and Patisserie Academy in improving the Tridharma of higher education, as well as what are the supporting and inhibiting factors. This research is using a qualitative method with a case study approach, the data collection method is by conducting interviews. The analytical method used is data reduction, namely summarizing the data and simplifying the data, then verifying and confirming the conclusions. The results of this research are communication and collaboration carried out by public relations in improving the Tridharma of higher education, namely using a two-way symmetrical model supported by using a collaborative governance stage process.

Pada saat ini persaingan perguruan tinggi semakin ketat. Sebagai langkah agar satu perguruan tinggi tersebut mendapatkan tempat khusus oleh publik adalah dengan berbenah untuk meningkatkan mutu sehingga dapat menghasilkan lulusan yang unggul. Tridharma merupakan pilar dari perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain merupakan hal yang wajib dilakukan, Tridharma perguruan tinggi dapat memberikan manfaat yaitu menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya guna bagi masyarakat sekitar. Tridharma didalam perguruan tinggi tidak dapat berjalan sendiri secara internal, perlu adanya pendekatan kepada masyarakat melalui unit humas. Melalui relasi yang dibangun antara humas dengan mitranya, dapat menghasilkan kerjasama berupa kegiatan yang dapat diimplementasikan kedalam kegiatan Tridharma itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi serta model komunikasi dan kolaborasi humas Akademi Kuliner dan Patiseri OTTIMMO Internasional dalam meningkatkan Tridharma perguruan tinggi, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, metode pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara. Metode analisis yang digunakan reduksi data, yakni merangkum data dan menyederhanakan data, lalu verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu komunikasi dan kolaborasi yang dilakukan humas dalam meningkatkan Tridharma perguruan tinggi yaitu menggunakan model two-way symmetrical dengan didukung menggunakan proses tahapan collaborative governance.

Keywords

Communication, collaboration, enhancement of Tridharma

Full Text:

PDF - Indonesia

References

Adiwidjaja, I., Suprojo, A., & Pige, Y. T. (2023). Analisis Kualitas Pelayan Publik di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Indonesian Social Science Review, 1(2), 52-60.

Bingham., A, Blomgren, L., (2010) The Next Generation of Administrative Law: Building the Legal Infrastructure for Collaborative Governance (July 21, 2010). Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=1646725

Bungin, B. (2003). Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta, Indonesia: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Erlina. (2011). Metodologi penelitian. Medan, Indonesia: Pusat Sistem Informasi Universitas Sumatera Utara.

Grunig, L. A., Grunig, J. E., & Dozier, D. M. (2002). Excellent public relations and effective organizations: A study of communication management in three countries. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Hasanah, N., & Darmajaya, I. B. I. (2023). Strategi Public Relations Institut Bisnis dan Informatika Darmajaya Dalam Membangun Tri Dharma Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 6987-6998.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023, September). Pemimpin PTN diimbau optimalkan kolaborasi untuk transformasi pendidikan tinggi berkualitas. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/09/pemimpin-ptn-diimbauoptimalkan-kolaborasi-untuk-transformasi-pendidikan-tinggi-berkualitas

Keast, R., & Mandell, M. (2014). The collaborative push: Moving beyond rhetoric and gaining evidence. Journal of Management & Governance, 18(1), 9-28.

Kent, M. L., & Taylor, M. (2002). Toward a dialogic theory of public relations. Public Relations Review, 28(1), 21-37. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(02)00108-X

Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., Toth, E., & Leuven, J. K. (2007). The profession and the practice. Boston, MA: McGraw Hill.

Masruri, A. (2023). Perpustakaan Sebagai Public Relations dalam Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Journal of Information and Library Review, 1(1). 101-115

Moleong, L. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Mallapiang, N., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Keberadaan Humas Dalam Menunjang Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Indonesia Timur Makassar. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 134-148.

Muhammad, N. (2022). Collaborative governance: Tujuan tinjauan teoritis dan praktik. Yogyakarta, Indonesia: Bildung.

Mutiara, F., Kholil, A. Y., & Dewi, R. A. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Lingkungan Sehat pada Komunitas Waria, Karangploso, Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Society Empowerment, 1(2), 55-62.

Pratiwi, H. A. (2015). Peranan Humas Dalam Membentuk Citra Positif Perguruan Tinggi. Deiksis, 3(1), 50-62.

Renggo, L., Najih, A., & Qorib, F. (2021). Menjalin komunikasi publik: Strategi humas Universitas Tribhuwana Tunggadewi dalam menjaga relasi internal dan eksternal. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 10 (2), 95-100.

Romadhan, M. I., & Pradana, B. C. S. A. (2024). Program Kampanye Public Relations" Zero Waste" sebagai Upaya Menuju Kampung Bebas Plastik Di Keputih Surabaya. Journal of Indonesian Society Empowerment, 2(1), 26-36.

Sari, V. F. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akademik. At-Tajdid J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, 5(01), 42-59.

Seitel, F. P. (2011). The practice of public relations (11th ed.). New Jersey, NJ: Pearson.

Setyoko, S. (2015). Peran Dan Strategi Humas (Public Relation) di Istitusi Perguruan Tinggi Vokasi. Orbith, 11(1), 119-133.

Sipasi, E., & Yasak, E. M. Y. (2019). Strategi Branding Jawa Timur Park Group Sebagai Ikon Pariwisata Kota Batu. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 6(3), 39-44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.