Analisis Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Prinsip Good Corporate Governance di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman

Engga Lift Irwanto, Roni Ekha Putera, Ria Ariany

Abstract

This research is due to the many criticisms submitted by the public to hospitals regarding the health care provided to them at unsatisfactory rates, many things complained of the public such as in the case of administrative affairs of very long and cumbersome treatment, the implementation of the provision of unresponsive and responsive care services, the attitude of doctors and nurses unprofessional and unfriendly to the patient, facilities and facilities provided by hospitals are still inadequate, and various other things. The problems that arose then became a matter of consideration for the authorities of the Regional General Hospital Padang Pariaman to promptly carry out improvements and evaluation of service performance in order to regain the trust of the public based on the principle of good corporate governance. The principles of good corporate governance are transparency, accountability, responsibility, independence and justice. Researchers conduct research using descriptive qualitative research methods to describe the implementation of problems in more detail, key research data obtained through the process of interviews with relevant informants and document data as additional data reinforcing research arguments. The results of the research then showed that the Padang Pariaman Regional General Hospital has implemented the overall principle of good corporate governance well in terms of openness of information to the principles of transparency and disqualification of the management of the agency to the principles of accountability. However, the implementation of other principles, especially the principles of responsibility, independence and justice, has not been properly implemented

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya kritikan yang disampaikan masyarakat kepada pihak rumah sakit terkait pelayanan kesehatan yang diberikan kepada mereka di nilai belum memuaskan, banyak hal yang dikeluhkan masyarakat seperti dalam hal urusan administrasi pengobatan ytang sangat lama dan berbelit, pelaksanaan pemberian pelayanan perawatan yang tidak tanggap dan responsif, sikap dokter dan tenaga perawat yang tidak profesional dan tidak ramah kepada pasien, fasilitas sarana dan prasrana yang disediakan rumah sakit masih kurang memadai, dan berbagai hal lainnya. Permasalahan yang timbul kemudian menjadi bahan pertimbangan bagi instansi Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman untuk segera melakukan perbaikan dan evaluasi kinerja pelayanan agar kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat berlandaskan prinsip good corporate governance. Prinsip dari good corporate governance ini terdiri atas transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independen dan keadilan. Peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif agar dapat menggambarkan pelaksanaan permasalahan lebih rinci, data penelitian utama didapatkan melalui proses wawancara dengan informan terkait dan data dokumen sebagai data tambahan memperkuat argumen penelitian. Hasil penelitian kemudian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman telah melaksanakan keseluruhan prinsip good corporate governance dengan baik dalam hal keterbukaan informasi untuk prinsip transparansi dan pengelolan manajemen instansi untuk prinsip akuntabilitas. Namun pelaksanaan untuk prinsip lainnya terutama untuk prinsip responsibilitas, indepedensi serta keadilan belum dapat dijalankan dengan baik.

Keywords

Public Services; Good Corporate Governance; RSUD Padang Pariawaman:

Full Text:

PDF - Indonesia

References

Adnan, F., Sinaga, A., & Ananda, B. R. (2024). Implementasi New Publik Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit (RST) dr. Reksodiwiryo Padang. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 6(2), 247-250.

Asyim, R. B, & Yulianto. (2022). Perilaku Konsumsi Obat Tradisional dalam Upaya Menjaga Kesehatan Masyarakat Bangsawan Sumenep. Jurnal Keperawatan, Vol. 15(2), 21-34

Anggraeni, N. E. A., & Djasuli, M. (2022). Penerapan Prinsip Prinsip Good Corporate Governance Pada Rumah Sakit Airlangga Jombang. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 2(3), 101-122.

Ball, C. (2009). What is transparency? Public Integrity, 11, 293–308.

Chandra, C. (2016). Implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada rumah sakit. Agora, 4(1), 13-23.

CNBCIndonesia. (2023). Perhatian ! Indeks Ketahanan Kesehatan RI Masih Jauh di Bawah. Diakses dari Cnbcindonesia.com.

Detik.com. (2023). Heboh Pria di Medan Mengaku Mendapatkan Pelayanan Buruk di RS. www.detik.com.

Detik.com. (2024a). Pelayanan Buruk RSUD Taulad Tanggerang Menyebabkan Bayi Meninggal, Begini Kata Investigator. www.detik.com.

Detik.com. (2024b). RSUD Tanggerang Abaikan Pasien Miskin. www.detik.com.

Fahri, M. (2020). Analisis Transparansi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Bone. Al-Adalah: Jurnal Hukum Dan Politik Islam, 3(1) 87-99.

Helaluddin, H. (2018). Mengenal lebih dekat dengan pendekatan fenomenologi: sebuah penelitian kualitatif. Jurnal ResearchGate, 115.

Hamdani, M. (2016). Good corporate governance (GCG) dalam perspektif agency theory. Semnas Fekon, 279(83).

Hidayah, N., & Suprojo, A. (2019). Pengaruh Kepimimpinan Situasional Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Dan Terciptanya Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 7(3) 44-56.

Kebijakan Kesehatan Indonesia. (2023). Indeks Kesehatahan Indonesia Masih Sangat Rendah. Https://Kebijakankesehatanindonesia.Net/25-Berita/Berita/3404-Indeks-Kesehatan-Indonesia-Masihsangatrendah#:~:Text=Dalam%20indeks%20kesehatan%20global%20terakhir,Pencegahan%20berbagai% 20wabah%20atau%20penyakit.

Kesuma, I. M., & Nurhayati, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Rumah Sakit di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 12-27.

Kupastuntas.com. (2020). Pelayanan Rumah Sakit Masih Menuai Kritik. Kupastuntas.Com.

Manasikana, A. (2015). Analisis penerapan good corporate governanance (GCG) dalam meningkatkan kinerja: Studi kasus RSI Aisyiyah Pandaan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Meilawati, R. (2022). Implementasi Good Corporate Governance Dalam Peningkatan Pelayanan Publik RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang Guna Mempertahankan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Riska Meilawati Fajrin, Puji Astut.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja. Rosdakarya

Najih, A. (2020). Komunikasi selama pandemi Covid-19: belajar dari kegagalan komunikasi risiko kesehatan yang efektif. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(2), 111-22.

Ningsih, S. A., & Bagana, B. D. (2022). Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Non-Keuangan Pt Dwipa Kharisma Mitra Jakarta. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(02), 574-584.

Sari, I. N, dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press

Putra, H. G. (2014). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Publik Terhadap Kinerja Organisasi Layanan Publik (Studi Empiris pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal Akuntansi, 2(3) 39-50.

Rsud.padangpariamankab.go.id. (2024). Sejarah Berdiri RSUD Padang Pariaman. www.rsud.padangpariaman.go.id.

Sabrina, N. N. (2021). Penerapan prinsip Good Corporate Governance pada Perusahaan 90-96. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), 1(2) 88-99.

Sari, M. I. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengendalian Intern Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Umum di Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 1(3) 112-129.

Talis, Z. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Good Governance Terhadap Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 8(2), 178-185.

Waine, I., Meliala, A., & Siswianti, V. D. Y. (2020). Penanganan komplain di rumah sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 23(04), 127-132.

Yonita, V., & Aprilyanti, R. (2022). Analisis Penerapan Prinsip–prinsip Good Corporate Governance Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada UKM Restoran/Rumah Makan/Kafe di Daerah Cikupa Tangerang). ECo-Fin 9(2) 167-177.

Zaeni, M., & Sawarjuwono, T. (2019). Implementasi good coorporate governance pada rs. Orthopedi dan traumatology surabaya. Jurnal Investasi Islam, 4(1) 31-44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.