STRATEGI PEMASARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Strategi pemasaran adalah suatu bentuk pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran, sistem pemasaran dan usahatani udang vannamei di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Data dianalisis dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT). Berdasarkan matriks IFE dan EFE sehingga menghasilkan matriks IE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran udang di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan menggunakan sistem pemasaran vertikal. Hasil produksi udang dari petani langsung dijual ke pedagang (CV.WINDU JAYA) dari Bangil Pasuruan. Usaha tambak udang di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan termasuk kategori usaha yang sedang berkembang dan mempunyai potensi yang sangat baik untuk menunjang pendapatan dan kesejahteraan petani. Keuntungan yang di peroleh petani sebesar Rp. 346.022.661,25 sedangkan margin pemasaran udang sebesar Rp. 68.436.976,25.
Keywords
References
Alikodra, H, S. 2005. Konsep Pengelolaan Wilayah Pesisir Secara Terpadu dan
Amstrong, G. & Kotler, P. (1996) Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Prenhalindo, Jakarta
Anonim, 2012. Tahapan Pemanenan Udang.http://tipspetani.blogspot.com/2011/04/tahap-pemanenan udang. html
Aristiyani, R. 2017. Analisis Daya Saing Udang Indonesia Di Pasar Internasional. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Bandar Lampung.
David, F, R. 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
III/2005 Prov. NTB.
Roziqi, A. 2015. Peran Industri Tambak Udang Dalam Memberikan Pekerjaan Dan Pendapatan Bagi Masyarakat Di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.