ANALISIS STRATEGI PT. DUTA WISATA KURMA DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA KEBUN KURMA DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

Samuel Kalumbang, Eri Yusnita Arvianti, Dwi Asnawi Nurhananto

Abstract


In Indonesia the majority of the population is livelihood in agriculture. Monthly reports on social data of the Central Bureau of Statistics (BPS) of work in the agricultural sector are trade, tourism (agro tourism), community services, and industrial sectors. One of the potential agricultural sectors to be developed is agro tourism or tourism. Tourism that can be developed again is a tourist attraction date palm in Pasuruan. This research begins in May – July 2017 at Object of Taman Wisata Kurma in Sukorejo Village, Sukorejo Sub-District, Pasuruan Regency.The purpose of this study was to develop the date palm garden tourism in Sukorejo village, Sukorejo district, Pasuruan regency. This research uses descriptive qualitative by using SWOT analysis technique. Result of research from IE Matrix is in Hold and Maintain strategy, and SWOT matrix got SO, WO, ST, and WT strategy. The conclusions obtained from this research is the appropriate strategy to be applied by the company in that position is the strategy of Hold and Maintain (preserve and maintain), that is by implementing market penetration strategy.



Di Indonesia mayoritas penduduknya bermata pencaharian dalam bidang pertanian. Laporan bulanan data sosial Badan Pusat Statistik (BPS) pekerjaan dalam sektor pertanian antara lain perdagangan, pariwisata (agrowisata), jasa kemasyarakatan, dan sektor industri. Salah satu sektor pertanian yang potensial untuk dikembangankan adalah agrowisata atau pariwisata. Pariwisata yang dikembangkan adalah objek wisata kebun kurma Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei – Juli 2017 di Objek Wisata Kebun Kurma Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengembangkan Wisata Kebun Kurma Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian dari matrik IE perusahan berada pada srategi Hold and Maintain, dan matrik SWOT didapatkan strategi SO, WO, ST, dan WT. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi yang sesuai untuk diterapkan oleh perusahaan pada posisi tersebut adalah strategi Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara), yaitu dengan melaksanakan strategi penetrasi pasar.

Keywords


Analisis SWOT; Kebun Kurma; Pariwisata

References


Badan Pusat Statistik (BPS).2012.

Laporan Bulanan Data Sosial. Damanik, Janianton dan Weber,

Helmut.2006. Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi.

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, hlm.19

Rangkuti, Freddy.2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Saghaei, dkk. 2012. Strategic Planning For A Lubricant Manufacturing Company. Australian Journal of Business and Management Research. 1(10): 18-24.

Satuhu, S. 2010.Kurma, Kasiat dan Olahannya.Jakarta : Penebar Swadaya. Hal.7-10.

Sutjipta, I Nyoman. 2010. Agrowisata (Diktat) Magister Manajemen Agribisnis. Universitas Udayana Bali.

Yuwana, Satria . 2010. Analisis Permintaan Kunjungan Objek Wisata Kawasan Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara (Skripsi). Universitas Diponegoro


Refbacks

  • There are currently no refbacks.