STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG EKOLOGI BATU (KEB) BERBASIS BAURAN PEMASARAN
Abstract
Strategi pengembangan merupakan suatu kegiatan perencanaan pembangunan yang di lakukan untuk dapat menarik pengunjung. Penelitian ini bertujuan 1). menganalisis faktor internal dan eksternal pengembangan Kampung Ekologi Batu (KEB). 2). Menganalisis strategi pengembangan Kampung Ekologi Batu (KEB) dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. 3). Menganalisis strategi pengembangan apakah yang paling efektif Kampung Ekologi Batu (KEB). Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel yaitu : Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (KEB) telah menggunakan 7 P Bauran Pemasaran pada Internal KEB. Hasil dari Matriks IE yang di peroleh berdasarkan bobot dan rating yang di peroleh dari IFE dan EFE yang menunjukkan posisi Matriks IE KEB berada pada daerah Tumbuh dan Membangun yang artinya KEB usaha yang sedang berkembang dan memiliki potensi yang sangat baik unrtuk dapat meningkatkan wisatanya, dan Hasil Analisis SWOT yang paling efektif dalam penelitian ialah pada strategi S – O.
Keywords
References
Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Alfabeta : Bandung.
David, F.R. 2006. Manajemen Strategi Edisi Kesepuluh. PT INDEKS Kelompok Gramedia. Jakarta.
Hurriyati, Ratih 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung Alfabeta.
Jauch, L.R & Glueck, W.F., 1988. Business Policy and Strategy Management. Singapore : Mc Graw Hill.
Jatim. Bps. go. id ( di akses 25 Maret 2018)
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta : Indeks
Kotler, P. & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga
Kotler, P. 2005. Dasar – dasar Pemasaran, Edisi II, PT Indeks Kelompok, Jakarta : Kelompok Gramedia
Kotler, P. & Amstrong,G. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. 1999. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong,G. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama. Jakarta: Erlangga.
Kemenpar, go.id ( di akses 27 Februari 2018).
Nilasari, Senja. 2014. Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta. Dunia Cerdas.
Nurulwaasi, M. Marsya. 2017. Analisis strategi promosi dalam pengembangan pariwisata. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung.
Pitana, I Gde. Prof & I Ketut Surya D. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Pearce, John. A dan Richard B. Robinson. 1997. Management Strategic: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Binarupa aksara. Jakarta.
Putri, Eka Sany.2017. Jangan lupakan kampung ekologi saat berkunjung kekota batu.(Online).Http;//www.google.co.id/amp/suryamalang.tribunnews.com ( Diakses 28 Februari 2018).
Hamel, Gary dan CK. Prahalad, 2000. Kompetisi Masa Depan ; Strategi – strategi terobosan untuk merebut kendali atas Industri anda dan menciptakan pasar masa depan, Jakarta : Binarupa.
Richardson, J. R. B., and Fluker, Martin 2004. Understanding and Managing Tourism. Australia : Pearson Education Australia.
Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. (Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Ed ke-12.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Republik Indonesia.2009. Undang – undang No.10 : Tentang Kepariwisataan.
Simatupang, Violetta. 2009. Pengaturan Hukum Kepariwisataan Indonesia. P.T. Alumni. Bandung.
Saragih, A. Wisdawati. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Kampoeng Wisata Cinangneng Kabupaten Bogor Jawa Barat. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran Edisi Ke 3, Yogyakarta : Andi Office.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa, Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, F. Strategi Pemasaran, Ed Ke -2 ( Yogyakarta: ANDI, 1997. Pidato pengukuhan Prof. Sumeru Ashari : Buah Tropis Indonesia Mampu Bersaing. 27 Maret 2004. http://www.warintek/buah/html, 27 Februari 2018, Pukul. 21.44 WIB.
Wikipedia, Kota Batu. Http;//id.m.wikipedia.org/wiki/kota_batu.(Online) di akses tanggal 28 Februari 2017
Yunita, 2015. Strategi Pengembangan Pariwisata Di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Landak.Skripsi. Program Studi Ilmu administrasi negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng.
Refbacks
- There are currently no refbacks.