STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG EKOLOGI BATU (KEB) BERBASIS BAURAN PEMASARAN

Erik Saparingga, Ana Arifatus Sa'diyah, Ninin Khoirunnisa'

Abstract


Developing a strategy is a development planning activities at l akukan to attract visitors. This study aims at 1) . analyze the internal and external factors of the development of the Stone Ecology Village (KEB).2) . Analyze the strategy of developing the Ecological Stone Village (KEB) in increasing tourist visits. 3) . Analyzing the development strategy is the most effective Stone Ecology Village (KEB). The sampling method uses sample techniques, namely : Purposive Sampling and Accidental Sampling. The results of this study indicate that (KEB) has used 7 P Marketing Mix on Internal KEB. The results of the IE Matrix are obtained based on the weight and rating obtained from IFE and EFE which indicate the position of the IE KEB Matrix in the Growing and Building area, which means that the KEB business is developing and has excellent potential to be able to increase tourism, and Results The most effective SWOT analysis in the study is in the S-O strategy.




Strategi pengembangan merupakan suatu kegiatan perencanaan pembangunan yang di lakukan untuk dapat menarik pengunjung. Penelitian ini bertujuan 1). menganalisis faktor internal dan eksternal pengembangan Kampung Ekologi Batu (KEB). 2). Menganalisis strategi pengembangan Kampung Ekologi Batu (KEB) dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. 3). Menganalisis strategi pengembangan apakah yang paling efektif Kampung Ekologi Batu (KEB). Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel yaitu : Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (KEB) telah menggunakan 7 P Bauran Pemasaran pada Internal KEB. Hasil dari Matriks IE yang di peroleh berdasarkan bobot dan rating yang di peroleh dari IFE dan EFE yang menunjukkan posisi Matriks IE KEB berada pada daerah Tumbuh dan Membangun yang artinya KEB usaha yang sedang berkembang dan memiliki potensi yang sangat baik unrtuk dapat meningkatkan wisatanya, dan Hasil Analisis SWOT yang paling efektif dalam penelitian ialah pada strategi S – O.

Keywords


Strategi Pengembangan; 7 P Bauran Pemasaran; KEB

References


Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Alfabeta : Bandung.

David, F.R. 2006. Manajemen Strategi Edisi Kesepuluh. PT INDEKS Kelompok Gramedia. Jakarta.

Hurriyati, Ratih 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung Alfabeta.

Jauch, L.R & Glueck, W.F., 1988. Business Policy and Strategy Management. Singapore : Mc Graw Hill.

Jatim. Bps. go. id ( di akses 25 Maret 2018)

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta : Indeks

Kotler, P. & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Kotler, P. 2005. Dasar – dasar Pemasaran, Edisi II, PT Indeks Kelompok, Jakarta : Kelompok Gramedia

Kotler, P. & Amstrong,G. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. 1999. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. & Amstrong,G. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama. Jakarta: Erlangga.

Kemenpar, go.id ( di akses 27 Februari 2018).

Nilasari, Senja. 2014. Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta. Dunia Cerdas.

Nurulwaasi, M. Marsya. 2017. Analisis strategi promosi dalam pengembangan pariwisata. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung.

Pitana, I Gde. Prof & I Ketut Surya D. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Pearce, John. A dan Richard B. Robinson. 1997. Management Strategic: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Binarupa aksara. Jakarta.

Putri, Eka Sany.2017. Jangan lupakan kampung ekologi saat berkunjung kekota batu.(Online).Http;//www.google.co.id/amp/suryamalang.tribunnews.com ( Diakses 28 Februari 2018).

Hamel, Gary dan CK. Prahalad, 2000. Kompetisi Masa Depan ; Strategi – strategi terobosan untuk merebut kendali atas Industri anda dan menciptakan pasar masa depan, Jakarta : Binarupa.

Richardson, J. R. B., and Fluker, Martin 2004. Understanding and Managing Tourism. Australia : Pearson Education Australia.

Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. (Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Ed ke-12.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Republik Indonesia.2009. Undang – undang No.10 : Tentang Kepariwisataan.

Simatupang, Violetta. 2009. Pengaturan Hukum Kepariwisataan Indonesia. P.T. Alumni. Bandung.

Saragih, A. Wisdawati. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Kampoeng Wisata Cinangneng Kabupaten Bogor Jawa Barat. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran Edisi Ke 3, Yogyakarta : Andi Office.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa, Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, F. Strategi Pemasaran, Ed Ke -2 ( Yogyakarta: ANDI, 1997. Pidato pengukuhan Prof. Sumeru Ashari : Buah Tropis Indonesia Mampu Bersaing. 27 Maret 2004. http://www.warintek/buah/html, 27 Februari 2018, Pukul. 21.44 WIB.

Wikipedia, Kota Batu. Http;//id.m.wikipedia.org/wiki/kota_batu.(Online) di akses tanggal 28 Februari 2017

Yunita, 2015. Strategi Pengembangan Pariwisata Di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Landak.Skripsi. Program Studi Ilmu administrasi negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.