ANALISIS SALURAN PEMASARAN KOMODITAS KENTANG DI DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

Hairul Subaidi, Rikawanto Eko Muljawan, Ninin Khoirunnisa'

Abstract


This research was conducted in Ngantru Village, Ngantang Subdistrict, Malang Regency, which aims to find out the channel marketing pattern, Supplementary Chain Management, the amount of costs, benefits and the large marketing margin for fresh potato commodities. Data was collected using a questionnaire, then analyzed descriptively, marketing costs, marketing benefits, and marketing margins. The results of this study indicate that there are two marketing channels. Marketing channel I partner farmers to vendors to consumers PT. Indofood Fritolay Makmur (IFM). Marketing channels II, non-partner farmers to middlemen, to retailers to end consumers. Vendor marketing costs of IDR 6,711.37/Kg, middleman traders amounted to IDR 7,057.5/Kg, and retailers were IDR 8,702.70/Kg. Vendor profits of Rp 88.6435/Kg, middleman traders, amounting to Rp 942.5/Kg, and retailers Rp 3,297.29/Kg. The marketing margin on partner farmers' marketing channel I is IDR 100/Kg and marketing channel II is non-partner farmers which is IDR 5,000/Kg.



Penelitian ini dilakukan di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, Suppllay Chain Management, besarnya biaya, keuntungan dan besarnya marjin pemasaran komoditas kentang segar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan deskriptif, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, dan marjin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran. Saluran pemasaran I petani mitra ke vendor ke konsumen PT. Indofood Fritolay Makmur (IFM). Saluran pemasaran II petani non mitra ke pedagang tengkulak ke pedagang pengecer ke konsumen akhir. Biaya pemasaran vendor sebesar Rp 6.711,37/Kg, pedagang tengkulak sebesar Rp 7.057,5/Kg, dan pedagang pengecer yaitu sebesar Rp 8.702,70/Kg. Keuntungan vendor sebesar yaitu Rp 88,6435/Kg, pedagang tengkulak yaitu sebesar Rp 942,5/Kg, dan pedagang pengecer sebesar Rp 3.297,29/Kg. Marjin pemasaran pada saluran pemasaran I petani mitra yaitu sebesar Rp 100/Kg dan saluran pemasaran II petani non mitra yaitu sebesar Rp 5.000/Kg.

Keywords


Saluran Pemasaran; Petani; Kentang

References


Abidin, Zainal. 2015. Saluran Pemasaran Dan Efisiensi Biaya Serta Pendapatan Usahatani Tembakau Terhadap Kontribusi Pendapatan Keluarga Di Desa Brani Kulon Probolinggo. Universitas Jember. Jawa Timur.

Amir, Octaviany Nur; Syafrial; Koestiono, Djoko. Analisis Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management) Komoditas Pisang Mas Kirana (Kasus Pada Asosiasi Petani Pisang Mas Sridonoretno, Kec. Dampit, Kab. Malang). Universitas Brawiyaja. Jawa Timur

Badan Pusat Statistika (BPS), Kecamatan Ngantang Dalam Angka 2107. Diakses dari http://malangkab.bps.go.id. Diakses pada tanggal 3 Maret 2018 pada jam 20:30 WIB.

Darmawati, I.A Putri, Gede Wijana. 2012. Budidaya Kentang Ramah Lingkungan Melalui Aplikasi Pupuk Organik Shisako. Universitas Udayana. Bali

Dasion, Petrus Raja Muda Kolly. 2012. Analisis Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma Sp) Di Desa Woa Kerong Kecamatan Magausurung Kabupaten Lembata. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Desiana, Chandra; Rochdiani, Dini; Pardani, Cecep. Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta (Suatu Kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Universitas Galuh. Jawa Barat.

Diwa, Adhitya Tri; Meksy Dianawati; Anna Sinaga. 2015. Budidaya Kentang. Balai Pengkajian Teknologi Jawa Barat. Jawa Barat.

Fatimah, Siti Nurulita. 2011. Analisis Pemasaran Kentang (Solanum Tuberesum L). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Haluwalu, Fredi Tungga. 2017. Efesiensi Pengunaan Faktor Produksi Dan Biaya Uasaha Tani Kentang (Salonum Tuberosium L) Studi Kasus Di Dessa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Hartono, Hendry; Karyana Hutomo; Marshelia Mayangsari. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Universitas Bina Nusamtara. Jakarta.

Hidayat, Yayan; Rusman, Yus; Noormansyah, Zulfikar. Saluran Pemasaran Cabai Merah (Capsicum Annum L.) (Suatu Kasus Di Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis). Universitas Galuh. Jawa Barat

Husna, Asma Ul; Luthfi Aziz Mahmud Siregar; Yusuf Husni. 2015. Pertumbuhan Dan Perkembangan Nodus Kentang (Solanum Tuberosum L.) Akibat Modifikasi Konsentrasi Sukrosa Dan Penambahan 2-Isopenteniladenina Secara In Vitro. Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian USU. Medan.

Indraswari, Dwiyanti, Sagum; Suamba Ketut I; Dewi, Listia Ayu Ida. Saluran Pemasaran Belimbing Organik (Averrhoa carambola L.) pada Kelompok Tani Sekar Sari Subak Mambal, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Universitas Udayana. Jawa Barat

Jumiati, Elly; Dwidjono Hadi Darwanto; Slamet Hartono; Masyhuri. 2013. Analisis Saluran Pemasaran Dan Marjin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Universitas Borneo. Kalimantan Timur.

Kumalasari, Rizky Andarways. 2016. Analisis Keuntungan Pedagang Nasi Kuning (Studi Kasus Pedagang Nasi Kuning Di Pasar Palaran Kecamatan Palaran Kota Samarinda). eJournal Administrasi Bisnis. Kalimantan Timur.

Moulina, Tisya Mona. 2017. Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Keripik Pisang di Kelurahan Segalamider Bandar Lampung). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Nurhuda, Lukman; Setiawan, Budi; Andriani, Retno Dwi. Analisis Manajemen Rantai Pasok Kentang (Solanum Tuberosum L.) Di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya. Jawa Timur.

Purwanto. 2011. Efesiensi Pemasaran Kayu Jenis Sengon (paraserianthes) (Studi Kasus Hutan Rakyat Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Putro, Andry Tyas Asmoro Marhery. 2010. Budidaya Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum. L) Di Luar Musim Tanam. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta

Rachmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT). Universitas Brawijaya. Malang.

Sinaga, Vela Rostwentivaivi. 2014. Analisis Rantai Nilai Pemasaran Kentang Granola Di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suharto, Regina dan Devie. 2013. Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Akuntansi Bisnis. Universitas Kristen Petra.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Tulong, Ridel Svide; Tumbel Altje L; Palandeng Indrie D. Identifikasi Saluran Distribusi Dalam Rantai Pasokan Kentang Di Kecamatan Modoinding (Studi Di Desa Linelean). Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Wulantari, Tri Agus. 2016. Analisis Rantai Pasok Dan Rantai Nilai Komoditas Kentang Di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Widodo, Tri. 2013. Studi Tentang Peranan Unit Pasar Dalam Pengelolaan Sampah Di Pasar Merdeka Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara. Kalimantan Timur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.