ATRIBUT- ATRIBUT PRODUK YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI DAGING SAPI DI GIANT EKPRES DINOYO MALANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang membeli daging sapi di Giant Ekspres Dinoyo Malang. Pengambilan data dilakukan pada bulan mei – juni 2018 bertujuan untuk mengetahui atribut – atribut daging sapi yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Purposive sampling. Total populasi selama penelitian berjumlah 1000 responden dihitung menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan 90,9 responden dibulatkan menjadi 100 orang responden. Variabel penelitian yang digunakan adalah kandungan lemak daging, serat daging, kandungan air daging, brand image (citra merek), warna daging, harga daging dan kemasan produk daging sapi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan program komputer Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) warna daging, harga daging dan kemasan produk merupakan atribut produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian daging sapi, 2) atribut yang lain (kandungan lemak, serat daging, kadar air dan brand image) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian daging sapi di Giant Ekpres Dinoyo Malang.
Keywords
References
Astawan, M. 2008.Sehat dengan Hidangan Hewani. Penebar Swadaya. Jakarta.
_________,2010.Daging.Wikipediaindonesia.http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Daging&action=edit§ion=1.Diakses tanggal 1 april 2018.
Nurwantoro, bintoro VP, Legowo AM, purnomoadi A, Ambara LD, Prokoso A, Mulyani S. 2012. Nilai pH, Kadar Air Dan Total Escherichia Coli Daging Sapi Yang Dimarinasi Dalam Jus Bawang Putih. J Aplikasi Teknologi Pangan 1:20-22.
Soeparno. 2009a. Ilmu Dan Teknologi Daging, Cetakan III. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.
______. 2009b. Ilmu Dan Teknologi Daging, Cetakan III. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.
Solihin, Ismail (2012). Manajemen strategik.Penerbit erlangga, Jakarta.
Sugiarto, dkk. 2009. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiono. 2010. Memahami Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Penerbit :CV. Alfabeta : Bandung.
______. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Penerbit :CV. Alfabeta : Bandung.
______. 2014. Memahami Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D.Penerbit :CV. Alfabeta : Bandung.
Sugiono. 2015a. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D ). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung.
______. 2015b. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D ). Penerbit CV. Alfabeta : Bandung.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen; teori dan penerapannya dalam pemasaran, Ghalia Indonesia. Jakarta.
Puspitasari,Apriyantono, A., D. Fardiaz, N. L. Sedamawati dan S. Budiyanto, 2010. Analisis Pangan. Institut Pertanian Bogor Press. Bogor.
Usmiati, S. 2010. Pengawetan Daging Segar dan Olahan. Balai Besar Pelatihan dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor.
Refbacks
- There are currently no refbacks.