FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMBELIAN DAGING SAPI DI GIANT EXPRES DINOYO KOTA MALANG

Ferdinand Makaborang, Sumarno Sumarno, Erik Priyo Santoso, Ariani Trisna Murti

Abstract


This study aims to see and find out what factors influence the behavior of consumers to buy beef at Dinoyo Giant Expres Malang City. The sampling method in this study was carried out by purposive sampling technique. Analysis of the data used is multiple linear regression using Statistical Product and Service Solutions (SPSS) computer program version 21. Based on the results of research from eight independent variables examined, namely demographic factors (X1), promotion factors (X2), product factors (X3), room and cleanliness factor (X4), facility faktor (X5), location factor (X6), cultur factor (X7), employee factor (X8), the most influential factors on meat buying decisions in Dinoyo Malang Expres Giant are facilities. It is recommended to develop research by adding new variables including price factors, socio-economic factors, consumption frequency factors, education factors and expenditure factors.


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen untuk membeli daging sapi di Giant Expres Dinoyo Kota Malang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis datayang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program komputer Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 21. Berdasarkan hasil penelitian, dari delapan variabel independen yang diteliti yaitu faktor demografi (X1), faktor promosi (X2), faktor produk (X3), faktor ruangan dan kebersihan (X4), faktor fasilitas (X5), faktor lokasi (X6), faktor budaya (X7), faktor karyawan (X8), faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian daging sapi di Giant Expres Dinoyo Malang adalah faktor fasilitas. Disarankan dapat mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel-variabel baru diantaranya faktor harga, faktor sosial ekonomi, faktor frekuensi konsumsi, faktor pendidikan dan faktor pengeluaran.

Keywords


Pengaruh faktor-faktor; perilaku konsumen; keputusan pembelian

References


Adityo Setyawarman. 2009. “Pola Sebaran dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pemilihan Lokasi Retail Modern”. Tesis Magister Teknik dan Wilayah Pembangunan.Universitas Diponegoro Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astawan, M. 2004. Tetap Sehat Dengan Produk Makanan Olahan. Tiga Serangkai. Solo.

Basu Swasta dan Irawan, 2010. Menajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta :

Bilson, Simamora. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2011. Pemasaran, Jakarta:Salemba Empat.

Christina Widhya Utami. 2013. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Das, B. 2008. “Categorizing Consumers’Buying Behaviour: A Factor Analysisin Consumer Durable Market”. International Journal and Business Management.

DesainWebsitedotNet 2012. “Pengertian Supermarket”. diakses pada tanggal 5 Mei 2012. http://desainwebsite.net

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS Edisi Kedua Puluh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Rustam. 2012. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap (Edisi Kedua). Bumi Aksara. Jakarta

Hanum. 2007. Perkawinan Usia Belia. Kerjasama Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada dengan Ford Foundation Yogyakarta.UGM: Yogyakarta.

Hasan, M.Iqbal. 2010. Pokok – Pokok Materi Statistika 2 (Statistika Inferensif) Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendri Ma’ruf, 2010. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia pustaka Utama.

Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. (edisirevisi ). Jakarta: Kencana.

Kotler Philip, dan Amstrong. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, dan Pengendalian. Anitawati Hermawan), Jilid I Edisi 6, Prehallindo, Jakarta.

Kotler, P, 2014, Marketing Management (Millenium Edition ed), Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management. 15th , Peson Education, Inc.

Levy, M. dan Weitz, B.A. 2009. RetailingManagement.7th. ed. New York : McGraw-Hill

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. SalembaEmpat: Jakarta.

Malai, V. dan Pitsuan, W. 2002. “A Factor Analysis Approach for Understanding Attitude and Consumer Behavior Toward Supermarkets in the Bangkok Metropolitan Areas”. Journal ANZMAC Conference Proceeding. Bangkok University

Oentoro, Deliyanti. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Pattil, H. dan Bbakappa. 2012. “The Influence of Culture on Cosmetics Consumer Behavior”. Journal of Business and Management. Davangere University Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 3. 2008. “Tentang Pedoman Penataan Pasar Tradisional dan Pasar Modern”.

Philip. Kotler, 2012. Manajemen Pemasaran, Alh Bahasa oleh Drs. Benyamin Molan, Bambang Sarwiji, Jilid I, Edisi Sebelas. Penerbit PT. INDEKS Kelompok Gramedia, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2017. Menguasai statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.

Saptarini, K. 2009. ‘’Isolasi Salmonella spp. Pada sampel Daging Sapi di Wilayah Bogor Serta Uji Ketahanannya Terhadap Proses Pendinginan dan Pembekuan”.Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian IPB : Bogor.

Sciffman, L.G., Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior, Tenth Edition. New Jersey : Prentice HallSinaga, Pariaman. 2006. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementrian Koperasi dan UMK. Jakarta : Tidak Diterbitkan.

Singgih Santoso. 2007. “Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Berbelanja di Supermarket Carrefour Yogyakarta”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 1. Universitas Kristen Duta Wacana

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung:Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Andi offset, Yogyakarta.

Utami, Christina, 2010. Manajemen Ritel (edisi 2), Penerbit : SalembaEmpat, Jakarta.

Wikipedia. 2012. Supermarket. Diakses pada 8 Mei 2012.http://en.wikipedia.org/wiki/Supermarket

Yazid. 2008. Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta : Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Yazid Y. Padmono. 2007. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Membeli di Hero Pasar Swalayan Surabaya”. Jurnal Ekuitas Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.