PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH APEL IMPOR DAN LOKAL DI PASAR MODERN KOTA MALANG

Mario Andri Aristo, Agnes Quartina Pudjiastuti, Ninin Khoirunnisa'

Abstract


The research objective was to analyzed consumer preferences and attributes that are most considered by consumers in choosing imported and local apples in the modern market of Malang City. Data collected from consumers was analyzed by chi square and multi-attribute fishbein. The results show there were differences in consumer preferences for apples in the modern market of Malang City. Imported apples that become consumer preferences were fruit flavor, fruit size and fruit skin color, while local apples are fruit flavor, fruit size and fruit skin color. The attribute most considered by consumers in purchasing imported apples wais the attribute of fruit flavor and local apples are the skin color of the fruit.



Tujuan penelitian adalah menganalisis preferensi konsumen dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih buah apel impor dan lokal di pasar modern Kota Malang. Data yang dikumpulkan dari konsumen dianalisis dengan chi square dan multiatribut fishbein. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap buah apel di pasar modern Kota Malang. Buah apel impor yang menjadi preferensi konsumen adalah rasa buah, ukuran buah dan warna kulit buah, sedangkan apel lokal adalah rasa buah, ukuran buah dan warna kulit buah. Atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian apel impor adalah atribut rasa buah dan apel lokal adalah warna kulit buah.

Keywords


Preferensi; Apel; Impor; Lokal

References


Firdaus. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara

Hutabarat. 2009. Dampak Kehadiran Pasar Modern Berastagi Supermaket Terhadap Pasar Tradisional. Departemen Agribisnis Fakultas Pertanian, e-repository www.usu.ac.id, Medan.

Kotler, Philip., and Armstrong. 2012. Principles of Marketing. 14th Ed. New Jersey: Pearson Hall.

Pudjiastuti, A.Q.; Anindita, R.; Hanani, N.; Kaluge, D. 2013. Effects of Sugar Price Increase in Indonesia. Oeconomica. Vol .8 No.1. pp. 28-39.

Pudjiastuti, A.Q. 2014. Perubahan Neraca Perdagangan Indonesia sebagai Akibat Penghapusan Tarif Impor Gula. Agriekonomika. Vol. 3 No.2. 106-116.

Pudjiastuti, A.Q. and Kembauw, E. 2017. Sugar Price Policy and Indonesia's Trade Balance. Journal of Advanced Research in Law and Economics. Vol. 8 No.30. pp. 2540-2548

Suharno dan Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia. Bogor

Swastha dan Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset

Wijayanti, M. 2011. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Sapi Di Pasar Tradisonal Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.