SALURAN PEMASARAN DAN BOBOT JUAL SAPI POTONG DI DESA SUMBER JATI KECAMATAN JATIREJO KABUPATEN MOJOKERTO

Matius Hema Ratumara, Nonok Supartini, Erik Priyo Santoso

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumberjati, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 25 Februari 2013 sampai 25 Maret 2013.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran dan bobot jual sapi potong di Desa Sumberjati Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, melalui kajian pemasaran dan bobot jual sapi potong.
Materi yang digunakan dalam penelitian adalah ternak sapi potong yang di pelihara oleh rumah tangga tani di Desa Sumber Jati Kabuapaten Mojokerto. Data yang di ambil yaitu kajian pemasaran dan bobot jual sapi potong. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey (survey research).Data yang diambil disesuakan dengan variable-variabel penelitian. Variable penelitian yang di amati adalah saluran pemasaran, bobot badan dan bobot jual sapi potong. Analisis data, data yang di peroleh di hitung persentase responden berdasarkan alternatif jawaban dan uraikan secara deskriftif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran sapi potong yaitu : Saluran I (Peternak Petani, Konsumen). Saluran II (Peternak Petani, Blantik Desa, Pedagang pemotong RPH, dan Konsumen). Saluran III (Peternak Petani, Blantik Desa, Pedagang Pengumpul, Pedagang Pemotong RPH, dan Konsumen). Bobot badan sapi potong rata-rata per ekor 281,93 kg. Bobot jual sapi potong rata-rata 281,93 kg per ekor dengan harga RP/kg rata-rata 27,44 dengan harga per ekor rata-rata RP 7.798.326. Berdasarkan hasil penelitian ini
Disarankan peternak mengunakan pakan penguat seperti konsentrat agar dapat meningkatkan bobot badan dan harga jual sesuai yang di inginkan

Keywords


Saluran Pemasaran, Bobot jual Sapi Potong

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.