FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALISME PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN MALANG

Rido Kurniawan M. Mur, Son Suwasono, Ana Arifatus Sa’diyah

Abstract


Penyuluh pertanian di Indonesia sangat diperlukan, akan tetapi masih banyak faktor-faktor kendala yang dihadapi oleh seorang penyuluh pada saat menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profesionalisme penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah random acak sampling yang diperoleh dengan mengusulkan pertanyaan kuisioner. Responden penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Malang yang berada diempat Kecamatan, yaitu Tumpang, Pakisaji, Dau dan Pujon, total responden ada 36 orang. Hasil penelitiaan ini menunjukkan yang paling dominan adalah faktor pendidikan non formal dan diikuti oleh umur.

Keywords


Karakteristik, penyuluh, profesionalisme, pertanian

References


Anwas, Oos M. 2009. Pemanfaatan Media dalam Pengembangan Kompetensi Penyuluh Pertanian.Disertasi: Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan, Departemen Sains Komunikasi danPengembangan Masyarakat Pascasarjana IPB Bogor (tidak dipublikasikan).

Mardikanto T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. LPP Pers UNS. Jakarta.

van den Ban & Hawkins. 2005. Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Kanisius

Karsidi, Ravik (1999). Kajian Keberhasilan Transformasi Pekerjaan Petani ke Industri Kecil. Disertasi S3, Bogor: PPS Institut Pertanian Bogor .

Mardikanto. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Perpres No.7 tahun 2005 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2004-2009 Bidang Pertanian (Bab 19),

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan. Jakarta: 2006.

Sandjaja, Sasa Djuarsa, dan Ilya Sumawinardi. 2004. Teori Komunikasi; Materi Pokok Modul Universitas Terbuka, Jakarta: UT.

eprints.ums.ac.id/20790/2/BAB_I.pdf

repository.ung.ac.id/.../Faktor-Faktor-yang-Mempengaruhi-Kinerja-Peny

http://pertanianindonesiamandiri.blogspot.com/2014/09/pengembangan-profesionalisme-penyuluh.htm

Sumber:http://ekbis.sindonews.com/read/701439/39/pemimpin-dengan-integritas-dan-kredibilitas-1356660710


Refbacks

  • There are currently no refbacks.