PEMANFAATAN LIMBAH ARANG HASIL SAMPING PEMBUATAN ASAP CAIR DARI CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI BRIKET ARANG

Yulius Koni Tama, Kgs Ahmadi, Pramono Sasongko

Abstract


Penelitian sumber energi terbarukan menjadi penting saat ini karena bahan bakar minyak bumi, gas alam, dan batu bara yang selama ini merupakan sumber utama energi jumlahnya semakin menipis. Cangkang kelapa sawit memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi sumber energi terbarukan sebagai bahan baku pembuatan briket arang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan komposisi perekat dan ukuran butiran arang yang paling baik untuk pembuatan briket arang, sifat dari briket arang yang dibuat dari cangkang kelapa sawit dan mengetahui kelayakan usaha dari pembuatan briket arang dari cangkang kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan memakai Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara 2 faktorial, yaitu Faktor I : Perbandingan perlakuan arang, Faktor II : Konsentrasi Perekat (K). Karakteristik briket arang dari cangkang kelapa sawit yang terbaik adalah dengan nilai kalor sebesar 7,41kalor/gram, kadar air sebesar 2,63%, dan waktu nyala selama 7,41 menit.

Keywords


Briket Arang, Perekat, Cangkang Kelapa Sawit

References


Ahsonul Anam & Taufik Sastrawinata, 1994.Pengujian Briket Batu Bara Sarang Tawon. Laporan Penelitian UPT-LSDE BPP Teknolog Serpong

Anonim. 2003. Statistik Kelapa Sawit 1997 – 2003.Jakarta : Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Anonim.2005. Pemanfaatan Limbah Tanaman Kelapa Sawit sebagai Bahan Baku Pulp dan Kertas.www.balitbangsumut.go.id ( 2 Nopember 2005)

Arganda ,M. 2007. Pemanfaatan Tandan Kosong Dan Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Briket Arang. Tesis Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Medan

Arif, helmi dan arnaldo. 2007. Pembuatan Briket Arang Dari Serbuk Gergaji Kayu Dan Tempurung Kelapa. Jurusan Teknik Kimia UNSRI. Inderalaya

Darnoko dan Putboyo Guritno.1995.Pembuatan Briket Arang dari Limbah Padat Kelapa Sawit. Laporan Kegiatan Penelitian PPKS 1994/1995

Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM). (2004). Statistik Energi Indonesia

Debby Shintya Dewi. 2005. Uji Karakteristik Dasar Bio-Briket dari Campuran Ilalang dan Cangkang Sawit sebagai bahan bakar Alternatif. Laporan akhir skripsi jurusan Teknik kimia Unsyiah 2005

Edwi Mahajoeno dan Isroi. 2005. Energi Alternatif Pengganti BBM : Potensi Limbah Biomassa Sawit sebagai Sumber Energi Terbarukan. www.ipard.com/art_perkebunan/apr11-05-isr+dw.asp ( 22 Nopember 2005)

Hendra D dan Pari G.2000.Penyempurnaan Teknologi Pengolahan Arang. Laporan Hasil Penelitian Hasil Hutan. Balai Penelitian Dan Pengembangan Kehutanan ,Bogor.

Hendra dan Darmawan, 2000.Pengaruh Bahan Baku, Jenis Perekat dan Tekanan Kempa Terhadap Kualitas Briket Arang.Puslitbang Hasil Hutan.

Johannes, H . 1991. Menghemat kayu bakar dan arang kayu untuk memasak di Pedesaan dengan Briket Bio arang. Laporan Karya Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada .Yokyakarta. 1991

Kardianto,P. 2009. Pengaruh Variasi Jumlah Campuran Perekat Terhadap Karakteristik Arang Briket Batang Jagung.(online).

Mattjik, A.A., M. Sumertajaya, (2006). Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. Bogor: IPB Press.

Pari, G.2002. Industri Pengolahan Kayu Teknologi Alterlatif Pemanfaatan Limbah[makalah filsafah sains]. Bogor.Institut Pertanian Bogor.

Riseanggara RR. 2008. Optimasi Kadar Perekat Pada Briket Limbah Biomassa. Bogor : Perpustakan Institut Pertanian Bogor.

Rustini, 2004.Pembutan Briket Arang Dari Serbuk Gergaji Kayu Pinus Dengan Penambahan Tempurung Kelapa.skripsi. Jurusan Teknologi Hasil Hutan. Fakultas Kehutanan. Institu Pertanian. Bogor.

Sunyata A. 2004. Pengaruh Kerapatan Dan Suhu Pirolisa Terhadap Kualitas Briket Arang Serbuk Kayu Sengon. Fakultas Kehutanan Institute Pertanian (INTAN) Yogyakarta.

Syamsiro, M.Dan Harwin Saptoadi,2007. Pembakaran Briket Biomassa Cangkang Kakao: Pengaruh Temperature Udara Preheat, Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007), Yogyakarta.

Tamam, Tamami, T.C.S., 2005, Studi Eksperimental Karakteristik Kuat Tekan Dan Karakteristik Pembakaran Briket Daun Cengkeh Dan Jerami Padi,Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas MaretSurakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.