PENGARUH PENAMBAHAN CMC TERHADAP SIFAT FISIKA KIMIA YOGHURT DARI LABU KUNING

Julio Rodrigues De Jesus, Budi Santosa, Wirawan Wirawan

Abstract


Yoghurt adalah salah satu minuman fermentasi yang menggunakan bakteri asam laktat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan CMC terhadap sifat fisika kimia yoghurt darilabu kuning.
Dalam penelitian ini digunakan rancangan lingkungan berupa Rancangan Acak Lengkap (RA) yang diulang 4 kali.Perlakuan yang dicoba terdiri atas 1 faktor, factornya adalah konsentrasi CMC yang terdiriatas 5 taraf perlakuanya itu C1=0%, C2=0,5%, C3=1%, C4=1,5% dan C5=2% .Parameter yang diamati adalah : Kadar Lemak, Total Asam, Viskositas, pH.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan terbaik terdapat pada konsentrasi CMC 2%. Dengan Kadar Lemak 1,04%, Total Asam 3,36%, Viskositas 89 cps, PH 4,26.

Keywords


CMC, yoghurt, labu kuning

References


Apriyantono, A,D. Fardiaz, N.L Puspitasari, Sedarnawati, S. Budiyanto. 1989. Analis Pangan. PAU Pangan Gizi IPB. Bogor

Buckle K. A, R.A Edward. W. R. Day, H. Fleet, Dan M. Wotton. 2007. IlmuPangan. Diterjemahkan oleh H. Purnomo dan Adiono. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Hidayat, Nur, Padaga, C. Masdina dan Suhartini, Sri. 2006. Mikrobiologi Industri. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Imeson, A. 1992. Thickening and Gelling Agent for Food. Aspen Publisher Inc, New York (http://soulkeeper 28.files.wordpress.com/2009/01/gum-arap.pdf) Diakses pada 20 Mei 2012.

Prilestari, C.D. 2001. Pengaruh Penambahan CMC Sebagai Bahan Penstabil Emulsi Terhadap pH, Keasaman, Overrun, Kecepatan Meleleh Dan Mutu Organoleptik Yogurt Beku. Skripsi.Teknologi Hasil Ternak. Fakultas Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.

Roling,W.F.M. 1995. Traditional Indonesian Soy Sauce Productio: Microbiology Of The Brince Fermentation: Vriji Universitet. Aca Demisch Proefschrift.

Sudarmadji, S., B. Haryono dan Suhandi. 1984. Prosedur Analisa Bahan Makanan Dan Pertanian. Penerbit Alumni. Liberty. Bandung.

Tranggono. 1990. Bahan Tambahan Makanan. PAU-UGM. Jogyakarta.

Trindall, H.D. 1983. Vegetables In The Tropics. Macmilan Education Ltd, Hampshire.

Wahyudi, A. dan Sri, S. 2008. Bugar Dengan Susu Fermentasi. UMM Press. Malang.

Yuwono, S. dan T. Susanto. 1998. Pengujian Fisik Pangan. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.