MODEL KOMUNIKASI YANG EFEKTIF MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK TANI PEDESAAN DI KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Yohanes Visensius Lamapaha, Rikawanto Eko Muljawan, Eri Yusnita Arvianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi yang efektif melalui pendekatan kelompok tani dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyuluh dalam melaksanakan model komunikasi pertanian yang efektif pada pendekatan kelompok tani di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Bentuk metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode kualitatif yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner sedangkan jenis analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan model komunikasi yang efektif pada pendekatan kelompok tani pedesaan dikategorikan baik. Metode penyuluhan yang efektif pada pendekatan kelompok tani pedesaan yaitu: ceramah, diskusi dan praktek lapangan sedangkan media penyuluhan yang efektif pada pendekatan kelompok tani pedesaan di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang yaitu: poster, kender, buku-buku tentang pertanian dan handphone. Faktor yang mempengaruhi penyuluh dalam melaksanakan model komunikasi yang efektif pada pendekatan kelompok tani pedesaan adalah motivasi penyuluh, sikap penyuluh dan pengetahuan penyuluh. Motivasi penyuluh dapat dikategorikan sangat baik sedangkan sikap dan pengetahuan penyuluh adalah baik.

Keywords


model komunikasi yang efektif, motivasi, sikap, pengetahuan

References


Anonymous. Dinas Pertanian Kabupaten Malang. 2016. Programa Penyuluh Pertanian BPP UPT Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Deptan. 2010. Pedoman Umum Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Jakarta. Departemen Pertanian RI.

Gonzales, Hernando., 1993. Beberapa Mitos Komunikasi dan Pembangunan. Dalam. Jahi, A. (Penyunting). 1993. Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-negara Dunia Ketiga. Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pertanian No.82/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Pembinaan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta: Kementan RI.

Mugniesyah SS. 2006. Materi bahan ajar ilmu penyuluhan (KPM 211). Bogor [ID]: Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Murdiyanto, Eko. 2010. Strategi komunikasi dalam penyuluhan pertanian dengan vendor (suatu pendekatan komunikasi kelompok dan interpersonal). Jurnal social ekonomi pertanian dan agribisnis. [internet]. [dikutip 26 Agustus2015].Vol 6 No.2. dapat diunduh darihttp://repository.upnyk.ac.id/324 1SEPA_Vol_6_No_2_2010%2DEk Murdiyanto.pdf

Mardikanto, Totok. 2003. Redifinisi dan Revitalisasi Penyuluhan Pertanian. Pusat Pengembangan Agrobisnis dan Perhutanan Sosial. Surakarta.

UU RI No. 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.