SUBSTITUSI TEPUNG KEONG MAS DALAM PAKAN BASAL TERHADAP KONSUMSI GROSS ENERGI, PROTEIN KASAR DAN LEMAK KASAR AYAM ARAB

Erlinda Gau, Achmanu Zakaria, Eka Fitasari

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2015 di Desa Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timui. Analisis proksimat dilakukan di Laboratorium Nutrisi Dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh penambahan tepung keong mas dalam formulasi pakan terhadap konsumsi gross energi, konsumsi protein kasar dan lemak kasar ayam arab.
Materi dalam penelitian yang digunakan adalah Ayam Arab fase layer (yang sudah memasuki masa bertelur) sebanyak 50 ekor yang dibeli dari Bapak Darmawan di Desa Joyogrend. Penelitian ini menggunakan metode percobaan, Rancangan Acak Lengkap (RAL), 5 perlakuan yakni: P0 = Pakan Dasar atau Kontrol (Tanpa Penambahan Tepung Keong Mas), P1 = (Pakan Dasar 97,5% + 2,5% Tepung Keong Mas), P2 = (Pakan Dasar 95% + 5 % Tepung Keong Mas), P3 = (Pakan Basal 92,5% + 7,5% Tepung Keong Mas), P4 = (Pakan Dasar 90% + 10% Tepung Keong Mas), Masing- masing perlakuan diulang 5 kali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi tepung keong mas dalam pakan basal ini memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap konsumsi protein kasar (13,34g/ekor/hari). Substitusi tepung keong mas dalam pakan basal memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap konsumsi gross energi (3011,64 Kkal/kg) dan konsumsi lemak kasar (3,84 g/ekor/hari). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa substitusi tepung keong mas dalam pakan basal memberikan respon yang baik terhadap konsumsi protein kasar dan tidak memberikan pengaruh terhadap konsumsi gross energi dan lemak kasar pada ayam arab. Berdasarkan dari hasil penelitian ini disarankan untuk mengaplikasikan pakan perlakuan berupa substitusi tepung keong mas dalam pakan basal untuk ayam arab.

Keywords


Ayam arab, keong mas, gross energi, protein kasar dan lemak kasar

References


Anggorodi, R. 1994. Ilmu Makanan Ternak Umum. Penerbit PT. Gramedia, Jakarta

Leeson, S. and J. D. Summers. 1982. Use of single-stage low protein diet for growing Leghorn pullets. PoultrySci. 61: 1684-1691.

Pambudhi, W. 2003. Beternak Ayam Arab Merah. Jakarta : Agromedia Pustaka

Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Rekso hadiprodjo,S. Prawirokusumo dan S. Lebdo soekojo. 1998. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Triharyanto, B. 2001. Beternak Ayam Arab. Kanisius. Yogyakarta

Yitnosumarto, S. 1993. Percobaan Perancangan Analisa Dan Interpretasinya. Penerbit P.T Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.